Implementasi Sistem Pre Order Pada Online Shop One-Galery Di Kelurahan Banjarmelati Kota Kediri Perspektif Ekonomi Syariah

Habibah, Nihdiyah Barikna (2020) Implementasi Sistem Pre Order Pada Online Shop One-Galery Di Kelurahan Banjarmelati Kota Kediri Perspektif Ekonomi Syariah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931317613_PRABAB.pdf

Download (479kB)
[img] Text
931317613 BAB I.pdf

Download (545kB)
[img] Text
(931317613) BAB II.pdf

Download (431kB)
[img] Text
(931317613) BAB III.pdf

Download (232kB)
[img] Text
(931317613) BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)
[img] Text
(931317613) BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
(931317613) BAB VI.pdf

Download (152kB)
[img] Text
(931317613) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)
[img] Text
931317613_Form Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (108kB)

Abstract

Implementasi Sistem Pre Order Pada Online Shop One-Galery di Kelurahan Banjarmelati Kota Kediri Perspektif Ekonomi Syariah Kata kunci: Online shop, Akad istisna’, Pre order Berkembangnya teknologi dan telekomunikasi sangat berpengaruh di dunia perdagangan, para pebisnis berlomba mengambil tempat supaya bisnis mereka bertahan. Market online ini sangat menjanjikan dimana terdapat banyak kemudahan bagi penjual maupun pembeli. Sistem yang terdapat pada online shop sangat beragam salah satunya adalah pre order. Tujuan dilakukan penelitian ini, untuk mengetahui penerapan sistem pre order pada online shop ONE-GALERY melalui sudut pandang Ekonomi Syariah berikut mekanisme pelaksanaan transaksinya di online shop ONE-GALERY. Online shop ONE-GALERY adalah online shop yang berada di Kota Kediri dimana pada online shop ini dalam penjualannya menggunakan sistem pre order atau biasa disebut dengan pesanan. Hal ini menjadi menarik untuk dikaji mengingat pemilik online shop ONE-GALERY yang beragama Islam sehingga seharusnya melakukan sistem pre order atau pesanan dengan berdasarkan tata cara penjualan dalam Islam yang sesuai dengan ekonomi syariah tentang akad istisna’. Oleh karena itu yang menjadi fokus masalah yang diambil adalah bagaimana Implementasi Sistem Pre Order Pada Online Shop One-Galery di Kelurahan Banjarmelati Kota Kediri Perspektif Ekonomi Syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dimana kehadiran peneliti dilapangan sangat diperlukan. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis data melalui tahap-tahap antara lain: reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian (1) Implementasi Sistem Pre order pada online shop ONE-GALERY sebagai berikut: a) Praktik perdagangan dengan cara sistem spesifikasi barang. b) Bukti perjanjiannya ditulis dalam nota dan screenshot personal chatting. c) Jika terjadi komplain maka barang akan dikembalikan dengan ongkos kirim ditanggung oleh pembeli, apabila barang cacat, salah warna, dan jumlah barang maka biaya pengiriman akan ditanggung oleh penjual. (2) Implementasi Sistem Pre order pada online shop ONE-GALERY Persepektif Ekonomi Sya’riah sebagai berikut: a) Praktik pada online shop ONE-GALERY yang sudah sesuai dengan konsep istisna’ dalam ekonomi syariah adalah barang selalu dikirim dan tidak ada unsur penipuan hanya terkadang melebihi batas waktu yang sudah disepakati, selalu menyebutkan spesifikasi barang secara detail, kesepakatan antara penjual dan pembeli. b) Praktek pada online shop ONE-GALERY yang belum sesuai dengan konsep dalam ekonomi syariah adalah biaya pengiriman kembali saat terjadi kesalahan barang pesanan yang ditanggung oleh pembeli dan dalam penyerahan barang atau pengiriman barang.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: NIHDIYAH HABIBAH
Date Deposited: 27 Feb 2024 03:44
Last Modified: 27 Feb 2024 03:44
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/12053

Actions (login required)

View Item View Item