Strategi Diversifikasi Produk Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Umkm Kerupuk Rengginang Ibu Yuli Desa Pehwetan Kecamatan Papar Kabupaten Kediri)

RENDYANSAH, MUHAMAD ABEL (2023) Strategi Diversifikasi Produk Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Umkm Kerupuk Rengginang Ibu Yuli Desa Pehwetan Kecamatan Papar Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931311318_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931311318_bab1.pdf

Download (264kB)
[img] Text
931311318_bab2.pdf

Download (134kB)
[img] Text
931311318_bab3.pdf

Download (133kB)
[img] Text
931311318_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[img] Text
931311318_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] Text
931311318_bab6.pdf

Download (50kB)
[img] Text
931311318_daftrpustaka.pdf

Download (114kB)
[img] Text
931311318_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Muhamad Abel Rendyansah, 2023. Strategi Diversifikasi Produk Dalam Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus UMKM Kerupuk Rengginang Ibu Yuli Desa Pehwetan Kecamatan Papar Kabupaten Kediri). Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Dosen Pembimbing (1) Ibu Dr. Andriani, SE, MM (2) Bapak Tony Adhitya, SE, MSA. Kata Kunci : Strategi, Diversifikasi, Volume Penjualan, Kerupuk Rengginang Skripsi ini merupakan kajian ilmiah tentang strategi diversifikasi produk dalam meningkatkan volume penjualan pada UMKM Kerupuk Rengginang Ibu Yuli di Desa Pehwetan, Kecamatan Papar, Kabupaten Kediri. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab bagaimana strategi diversifikasi produk yang dilakukan oleh UMKM Kerupuk Rengginang Ibu Yuli dan bagaimana strategi tersebut berkontribusi dalam meningkatkan volume penjualan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan pemilik usaha, karyawan produksi dan pengemasan, serta konsumen UMKM Kerupuk Rengginang Ibu Yuli. Keabsahan data diverifikasi melalui keikutsertaan peneliti, penetapan titik pengamatan dalam observasi, dan triangulasi. Tahap penelitian meliputi pra-lapangan, lapangan, analisis, dan penulisan laporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Pada tahun 1995, UMKM Kerupuk Rengginang Ibu Yuli hanya memiliki varian rasa bawang. Pada tahun 2013, ditambahkan rasa ketan hitam dan terasi, dan pada tahun 2021, ditambahkan rasa seledri dan balado. UMKM Ibu Yuli selalu memberikan produk berkualitas yang awet dan tidak mudah hancur. Awalnya, produk ini hanya tersedia dalam ukuran 400 gram. Pada tahun 2016, ukuran 5 kilogram diperkenalkan. Pada awalnya, kemasannya menggunakan plastik tipis tanpa stiker label karena hanya ada satu rasa. Namun, pada tahun 2013, kemasan diubah menjadi plastik tebal yang dilipat di ujungnya, distaples, dan diberi stiker label yang didesain sendiri oleh pemilik usaha untuk membedakan setiap produk dan menarik minat konsumen. Harga produk juga mengalami perubahan dari Rp. 4.500 saat awal berdiri hingga tahun 2003, menjadi Rp. 6.000 pada tahun 2003, dan saat ini menjadi Rp. 7.000 per buah. (2) UMKM Kerupuk Rengginang Ibu Yuli mengalami fluktuasi penjualan setelah melakukan diversifikasi produk sejak tahun 2013. Penurunan penjualan yang signifikan terjadi pada tahun 2020 sebesar 25% akibat pandemi, penurunan permintaan, pembatasan sosial berskala besar (PSBB), dan meninggalnya suami Ibu Yuli saat pandemi. Namun, terjadi peningkatan penjualan sebesar 16,3% pada tahun 2021 setelah Ibu Yuli kembali melakukan diversifikasi produk dengan menambahkan rasa balado dan seledri pada kerupuk rengginang. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa strategi diversifikasi produk bisa meningkatkan volueme penjualan di UMKM Kerupuk Rengginang Ibu Yuli.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150506 Marketing Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: MUHAMAD ABEL RENDYANSAH
Date Deposited: 06 Feb 2024 07:03
Last Modified: 06 Feb 2024 07:03
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11873

Actions (login required)

View Item View Item