Cahyono, Bagus Hary (2023) Komunikasi Interpersonal Dokter Dengan Pasien Dalam Proses Penyembuhan Di Klinik Dr. Vitis Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933508716_prabab.pdf Download (469kB) |
|
Text
933508716_bab1.pdf Download (104kB) |
|
Text
933508716_bab2.pdf Download (95kB) |
|
Text
933508716_bab3.pdf Download (30kB) |
|
Text
933508716_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (316kB) |
|
Text
933508716_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) |
|
Text
933508716_bab6.pdf Download (12kB) |
|
Text
933508716_dafarpustaka.pdf Download (1MB) |
|
Text
933508716_sp.pdf Download (112kB) |
Abstract
ABSTRAK BAGUS HARY CAHYONO, 2023. Komunikasi Interpersonal Dokter dengan Pasien dalam Proses Penyembuhan di Klinik dr. Vitis Kecamatan Grogol Kabupaten Kediri. Skripsi, Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri. Dosen Pembimbing (1) Siti Amanah, M.Si., (2) Ika Silviana, S.Sos., M.A. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Penyembuhan, Dokter, Pasien Perkembangan pelayanan kesehatan di Indonesia telah berhasil meningkatkan pelayanan kesehatan dengan merata dimana telah berdiri banyak lembaga pelayanan kesehatan seperti klinik, rumah sakit, apotek, laboratorium, dan fasilitas pelayanan kesehatan lainnya. Kemajuan teknologi membuat masyarakat dapat mengakses informasi terkait pelayanan kesehatan, sehingga mereka dapat memilih serta menuntut pelayanan kesehatan yang berkualitas. Mutu pelayanan kesehtaan menjadi pembahasan utama baik itu berupa fisik fasilitas, tenaga kesehatan, obat, serta prosedur pelayanan yang didapatkan oleh pasien. Pelayanan kesehatan pasti membutuhkan komunikasi yang baik dengan pasiennya. Pembinaan hubungan yang baik dengan para pasien, merupakan sebuah kunci untuk mendapatkan kepercayaan pasien. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan fokus penelitian pada proses komunikasi interpersonal antara dokter dengan pasien dan menjelaskan kelima aspek karakteristik efektivitas komunikasi interpersonal milik DeVito, yaitu keterbukaan (openness), empati (emphaty), sikap mendukung (supportiveness), sikap positif (positiveness), dan keseteraan (equality). Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi langsung oleh peneliti di Klinik dr. Vitis yang beralamat di Dusun Sembak, Desa Grogol, Kecamatan Grogol, Kabupaten Kediri. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa proses komunikasi interpersonal antara dokter dan pasien dapat berjalan efektif dilihat dari: 1) keterbukaan pasien kepada dokter tentang keluhannya, 2) empati dokter kepada pasien saat memberikan saran penyembuhan, 3) sikap mendukung dokter dalam memberikan semangat kepada pasien, 4) sikap positif dari dokter dengan menghargai dan memberi dorongan kepada pasien, 5) kesetaraan yaitu tidak membeda-bedakan dalam melayani pasien. Dari kelima aspek tersebut yang paling sering dipakai dalam berkomunikasi interpersonal antara dokter dan pasien adalah aspek keterbukaan karena merupakan kunci masuk kedekatan dan sebagai langkah awal keduanya menentukan proses penyembuhan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | BAGUS HARY CAHYONO |
Date Deposited: | 05 Feb 2024 03:53 |
Last Modified: | 05 Feb 2024 03:53 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11835 |
Actions (login required)
View Item |