Kemampuan pemecahan masalah pada soal berbasis literasi numerasi ditinjau dari gaya kognitif

Widayati, Widayati (2023) Kemampuan pemecahan masalah pada soal berbasis literasi numerasi ditinjau dari gaya kognitif. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932301419_prabab.pdf

Download (871kB)
[img] Text
932301419_suratpernyataan.pdf

Download (191kB)
[img] Text
932301419_bab1.pdf

Download (152kB)
[img] Text
932301419_bab2.pdf

Download (262kB)
[img] Text
932301419_bab3.pdf

Download (81kB)
[img] Text
932301419_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932301419_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text
932301419_bab6.pdf

Download (50kB)
[img] Text
932301419_daftarpustaka.pdf

Download (122kB)

Abstract

WIDAYATI, Dosen pembimbing Dr. Noer Hidayah, M.Si. dan Erni Septianawati, S.Pd, M.Sc., Kemampuan Pemecahan Masalah pada Soal Berbasis Literasi Numerasi ditinjau dari Gaya Kognitif, Skripsi, Program Studi Tadri Matematika, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri 2023 Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Literasi Numerasi, Gaya Kognitif Kemampuan pemecahan masalah sangat dibutuhkan dalam proses menyelesaikan masalah matematika. Salah satu faktor yang mempengaruhi seseorang dalam pemecahan masalah matematika adalah gaya kognitif. Adapun gaya kognitif yang dimiliki oleh setiap orang berbeda-beda dan pemilihan solusi yang berbeda. Salah satu jenis gaya kognitif membagi manusia atas dua bagian, yakni Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa pada soal berbasis literasi numerasi ditinjau dari gaya kognitif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Kandat. Subjek pada penelitian ini adalah 34 siswa kelas XI-MIPA 4 . Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan wawancara. Penelitian ini menggunakan tes GEFT yang terdiri dari 18 soal untuk mengelompokkan subjek dengan gaya kognitif Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI). Kemudian masing-masing Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI) dipilih 2 orang siswa dan diberikan tes pemecahan masalah pada soal literasi numerasi serta wawancara setelah mengerjakan soal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah pada soal berbasis numerasi ditinjau dari gaya kognitif, siswa FI mampu menyelesaikan masalah dengan baik berdasarkan indikator dari pemecahan masalah yaitu memahami masalah, merencanakan strategi, melaksnakan strategi dan mengecek kembali. Sedangkan siswa dengan gaya kognitif FD tidak dapat menyelesaikan masalah matematika sesuai dengan indikator pemecahan masalah, serta masih keliru dalam mengoperasikan masalah. Hal ini disebabkan siswa FD belum mampu memahami masalah dan merencanakan strategi dengan tepat sehingga dalam menyelesaikan masalah kurang tepat atau salah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0103 Numerical and Computational mathematics (Matematika numerik dan Komputasi) > 010301 Numerical Analysis (Analisis numerik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Widayati Widayati
Date Deposited: 01 Feb 2024 04:13
Last Modified: 01 Feb 2024 04:18
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11796

Actions (login required)

View Item View Item