Pemikiran Pendidikan Perspektif Nurcholish Madjid Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Di Indonesia Saat Ini

Rohmatin, Sri wijayanti sukiya (2023) Pemikiran Pendidikan Perspektif Nurcholish Madjid Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Di Indonesia Saat Ini. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932112916_PRA BAB.pdf

Download (4MB)
[img] Text
932112916_bab1.pdf

Download (533kB)
[img] Text
932112916_bab2.pdf

Download (731kB)
[img] Text
932112916_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (542kB)
[img] Text
932112916_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text
932112916_bab5.pdf

Download (288kB)
[img] Text
932112916_daftarpustaka.pdf

Download (403kB)
[img] Text
932112916_form pernyataan persetujuan publikasi (1).pdf

Download (61kB)

Abstract

SRI WIJAYANTI SUKIYA ROHMATIN, Dosen Pembimbing Moh. Zainal Fanani, M.Pd.I dan Novi Rosita Rahmawati, M.Pd. : Pemikiran Pendidikan Islam Perspektif Nurcholis Madjid dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Di Indonesia Saat Ini. Kata Kunci: Pendidikan Islam, Pemikiran Nurcholish Madjid. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui bagaimana konsep pendidikan Islam perspektif Nurcholish Madjid. 2) untuk mengetahui relevansi antara pendidikan Islam perspektif Nurcholish Madjid dengan Pendidikan Islam di Indonesia saat ini. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dan jenis penelitian yang digunakan adalah studi pustaka (library research). Guna mendapatkan hasil penelitian yang valid maka diperlukan seleksi sumber, baik sumber data primer maupun sumber data sekunder. Dengan tujuan mengumpulkan data dan informasi. Sumber data Primer yang berupa karya-karya Nurcholish Madjid dan sumber data sekunder berupa buku-buku karya orang lain yang berkaitan dengan pemikiran Nurcholish Madjid. Kegiatan penelitian ini dilakukan dengan menghimpun data dari berbagai literatur, baik diperpustakaan maupun di tempat-tempat lain. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan penelitian dokumen, sedangkan teknik analisis data mengguakan Content Analysis. Dari hasil analisis didapatkan kesimpulan yaitu 1) Konsep pendidikan Islam menurut Nurcholish Madjid ialah pendidikan yang berasaskan tauhid (ketuhanan). Tujuan pendidikan Islam adalah penanaman rasa taqwa kepada Allah (taqarrub), dan pengembangan rasa kemanusiaan kepada sesama (akhlaq kharimah). 2) Konsep pendidikan Nurcholish Madjid diatas relevan dengan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomer 20 Tahun 2003 Pasal 3 yang berbunyi : “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradapan bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: SRI WIJAYANTI SUKIYA ROHMATIN
Date Deposited: 29 Jan 2024 04:36
Last Modified: 29 Jan 2024 04:36
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11758

Actions (login required)

View Item View Item