Pengembangan Media Papan Jari Baru Pada Materi Bangun Ruang Untuk Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah

MASROH, DEWI LAILATUL (2023) Pengembangan Media Papan Jari Baru Pada Materi Bangun Ruang Untuk Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932602319_prabab.pdf

Download (517kB)
[img] Text
932602319_bab1.pdf

Download (258kB)
[img] Text
932602319_bab2.pdf

Download (135kB)
[img] Text
932602319_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
932602319_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932602319_bab5.pdf

Download (64kB)
[img] Text
932602319_daftarpustaka.pdf

Download (95kB)
[img] Text
932602319_Pernyataan Persetujuan Publikasi LALA.pdf

Download (63kB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat bantu yang digunakan dalam proses belajar mengajar agar kegiatan pembelajaran dapat efektif. Berdasarkan observasi di MI Miftahul Huda Ngreco terdapat suatu permasalahan pada proses belajar mengajar yaitu siswa sulit untuk menerima dan memahami pelajaran khususnya pada materi bangun ruang. Hal tersebut dikarenakan penggunaan media pembelajaran yang kurang maksimal yakni hanya menggunakan buku guru sebagai bahan ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan di MI Miftahul Huda melalui pengembangan media pembelajaran menggunakan media papan jaring-jaring dan bangun ruang yang kemudian disingkat menjadi Papan Jari Baru dalam materi bangun ruang kubus dan balok. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RnD) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation. Evaluation). Subjek penelitian ini adalah kelompok skala kecil dengan 10 peserta didik kelas V-B dan kelompok skala besar dengan 24 peserta didik dari kelas V-C MI Miftahul Huda Ngreco. Hasil dari media Papan Jari Baru telah diuji kelayakan dengan uji materi dengan perolehan nilai sebesar 97% kategori Sangat Layak dan uji kelayakan dengan ahli media dengan perolehan nilai sebesar 85% kategori Sangat Layak digunakan dan diterapkan dalam pembelajaran di kelas. Hasil respon peserta didik kelompok kecil memperoleh nilai sebesar 92% kategori Sangat setuju dan respon peserta didik kelompok besar memperoleh nilai sebesar 88% Sangat setuju.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: DEWI LAILATUL MASROH
Date Deposited: 25 Jan 2024 07:14
Last Modified: 25 Jan 2024 07:14
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11720

Actions (login required)

View Item View Item