STRATEGI BISNIS KERIPIK TEMPE DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN PASCA PANDEMI (Studi Pada UMKM Putra Tanjung Di Desa Tanjungtani Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk)

Al Abi, M Faizin (2024) STRATEGI BISNIS KERIPIK TEMPE DALAM MENINGKATKAN OMSET PENJUALAN PASCA PANDEMI (Studi Pada UMKM Putra Tanjung Di Desa Tanjungtani Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk). Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
931324816_prabab.pdf

Download (3MB)
[img] Text
931324816_bab1.pdf

Download (615kB)
[img] Text
931324816_bab2.pdf

Download (492kB)
[img] Text
931324816_bab3.pdf

Download (519kB)
[img] Text
931324816_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
931324816_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
931324816_bab6.pdf

Download (10kB)
[img] Text
931324816_daftarpustaka.pdf

Download (241kB)
[img] Text
2024_01_25_09_04_44 faizin.pdf

Download (314kB)

Abstract

M. FAIZIN AL ABI, Strategi Bisnis Keripik Tempe Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Pasca Pandemi (Studi Pada UMKM Putra Tanjung Di Desa Tanjungtani Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk), Program Studi Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, 2023. Dosen Pembimbing Ali Samsuri, M. EI dan Dijan Novia Saka, SE, M.M Kata Kunci: Omset Penjualan, Pandemi, Strategi bisnis Setiap pengusaha selalu memiliki strategi tertentu agar dapat mengembangkan usaha sehingga tidak mengalami pailit pada masa pandemi. Begitu juga dengan UMKM Putra tanjung, di tengah gejolak pandemi UMKM ini mempunyai strategi tersendiri agar usahanya dapat bertahan sehingga tidak mengalami gulung tikar seperti mayoritas pengusaha lainnya, bahkan UMKM ini bisa mengambil peluang di tengah himpitan pandemi sehingga justru menambah omset penjualannya, meskipun sempat mengalami lockdown. Penelitian ini mempunyai 2 tujuan utama yaitu: (1) Menggambarkan strategi bisnis penjualan produk keripik tempe di UMKM kripik tempe Khas Tanjung di Desa Tanjungtani Kabupaten Nganjuk pada masa pasca pandemi pada kurun waktu tahun 2021-2023; (2) Memaparkan strategi bisnis yang digunakan pemilik UMKM kripik tempe Khas Tanjung di Desa Tanjungtani Kabupaten Nganjuk dalam peningkatan omset penjualan di masa pasca pandemi pada kurun waktu 2021-2023. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik UMKM Putra Tanjung, konsumen, dan reseller. Untuk menganalisis data, penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) strategi bisnis yang diterapkan oleh UMKM putra tanjung adalah menjaga kualitas produk, melakukan promosi, bersaing secara sehat dengan kompetitor; (2) strategi yang digunakan oleh UMKM Putra Tanjung untuk meningkatkan omset penjualan antara lain: (a) menerapkan bisnis syariah, (b) menjaga kualitas produk; (c) Melakukan promosi dengan memperluas jaringan; (d) memanfaatkan USP; (e) Fokus pengembangan usaha melalui inovasi dan membaca peluang digital.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: M. FAIZIN AL ABI
Date Deposited: 25 Jan 2024 02:06
Last Modified: 25 Jan 2024 02:06
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11645

Actions (login required)

View Item View Item