Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDI Al - Huda Kota Kediri

Afifah, Nur Ma'rifatul (2023) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDI Al - Huda Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN KEDIRI.

[img] Text
932610119_PRA BAB-1.pdf

Download (825kB)
[img] Text
932610119_BAB 1..pdf

Download (460kB)
[img] Text
932610119_BAB 2..pdf

Download (438kB)
[img] Text
932610119_BAB 3..pdf

Download (417kB)
[img] Text
932610119_ BAB IV..pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932610119_ BAB V..pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB)
[img] Text
932610119_BAB VI.pdf

Download (114kB)
[img] Text
932610119_DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (27kB)
[img] Text
932610119 Surat Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (130kB)

Abstract

Model pembelajaran berbasis projek (project based learning) merupakan pembelajaran inovatif yang berpusat pada peserta didik (student centered) dan menetapkan guru sebagai motivator dan fasilitator, dimana peserta didik diberi peluang bekerja secara otonom mengkontruksi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui rancangan desain Projek Penguatan Profil Pelajar Pncasila di SDI Al – Huda Kota Kediri. 2) Mendeskripsikan Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDI Al – Huda. 3) Mendeskripsikan Pelaporan Hasil Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan “kualitatif”. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian studi kasus yang bersifat deskriptif tentang Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. melalui metode wawancara kepada kepala sekolah, waka kurikulum dan guru projek, observasi dan dokumentasi berupa pelaksanaan projek dan gelar karya. Teknik analisis data dengan tahap; pengumpulan data; kondensasi data; penyajian data;penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan dan tingulasi. Peneliti melaksanakan penelitian di SDI Al – Huda Kota Kediri. Sumber data yang diambil berupa data primer yang dilakukan langsung dilapangan dan data sekunder yang diperoleh melalui dokumen berupa soft file. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Merancang desain Projek Penguatan Prodil Pelajar Pacasila sudah ditentukan oleh pemerintah dan untuk dimensi menyesuaikan dengan isu yang ada pada sekolah. Timfasilitator diambil darisetiap jenjang kelas yang terdiri dari guru projek dan guru pendamping. Tingkat kesiapan didampingi langsung dari puspurbuk Jakarta. Pemilihan tema diambil setiap satu semester dan pada semestergenap tahun ajaran 2022/ 2023 adalah Bhineka Tunggal Ika yang terfokus pada topic bullying. Untuk merancang modul projek pendidik memanfaatkan aplikasi berupa PMM. 2) Sekolah tidak hanya membangun ikatan dengan peserta didik saja akan tetapi dengan wali murid agar lebih mengerti kebutuhan peseta didik. Memberi tantangan secara bertahap sudah disesuaikan dengan modul projek yang sudah dibuat oleh tim fasilitator. Untuk memelihara rasa ingin tahu pendidik mempersilahkan peserta didik untuk menyampaikan isi hatinya. Untuk refleksi dilakukan sesering mungkin atau setiap akhir kegiatan. 3) Pelaporan hasil Projek di SDI Al – Huda sekolah mengadakan event berupa gelar karya untuk menampilkan hasil projek satu semester yang telah dikerjakan dan untuk penilaian sudah dirangkum dalam raport Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: NUR MA`RIFATUL AFIFAH
Date Deposited: 01 Feb 2024 04:31
Last Modified: 01 Feb 2024 04:32
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11617

Actions (login required)

View Item View Item