Strategi Pengasuh Panti Asuhan Muslimat NU Budi Mulia Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di Desa Ngasem Kabupaten Kediri)

Ardiana, Ardiana (2023) Strategi Pengasuh Panti Asuhan Muslimat NU Budi Mulia Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di Desa Ngasem Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932116317_Bab1.pdf

Download (463kB)
[img] Text
932116317_Bab2.pdf

Download (554kB)
[img] Text
932116317_Bab3.pdf

Download (479kB)
[img] Text
932116317_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB)
[img] Text
932116317_Pra bab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932116317_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
932116317_Bab6.pdf

Download (10kB)
[img] Text
932116317_Daftarpustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text
932116317_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (115kB)

Abstract

ARDIANA, Dosen Pembimbing Dr. H. Syamsul Huda, M. Ag dan Nurul Ahsin, M. Pd.: Strategi Pengasuh Panti Asuhan Muslimat NU Budi Mulia Dalam Menanamkan Nilai Nilai Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di Desa Ngasem Kabupaten Kediri), Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata kunci: Strategi Pengasuh, Penanaman Nilai-Nilai PAI Pendidikan merupakan kebutuhan dasar bagi seluruh umat manusia yang bertujuan mencegah terjadinya generasi penerus bangsa yang krisis moral. Maka dari itu pengasuh panti merupakan orang pertama dan utama bertanggungjawab dalam pendidikan agama islam anak sebagai pengganti orang tua. Keberhasilan tujuan pendidikan di suatu lembaga panti asuhan terutama dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama islam akan tercapai dengan adanya interaksi antara pengasuh dan anak asuhnya, oleh karena itu dibutuhkan penerapan strategi belajar mengajar yang sesuai dengan kondisi anak asuh serta kondisi lingkungan. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk (1)Untuk mengetahui apa saja program yang diterapkan panti asuhan Muslimat NU Budi Mulia dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama islam. (2)Untuk mengetahui bagaimana macam-macam pelaksanaan program yang ada di panti asuhan Muslimat NU Budi Mulia dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama islam. (3)Untuk mengetahui strategi pelaksanaan program yang ada di panti asuhan Muslimat NU Budi Mulia dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan agama islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat dan kecukupan referensi. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah beberapa pengasuh panti asuhan, dan anak asuh. Kemudian sumber data sekunder adalah dokumen, arsip, buku, literatur, catatan-catatan, dan lain-lain yang mendukung. Hasil penelitian menunjukkan strategi yang dilakukan pengasuh panti adalah melakukan penjadwalan terhadap program direncanakan, meliputi kegiatan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan. Pelaksanaan program ini dilakukan berdasarkan jenis-jenis pembelajarannya. Pembelajaran harian ini meliputi mengaji yang dilakukan para anak asuh, seperti kegiatan Taman Pendidikan Quran di panti, ngaji kitab. Untuk kegiatan mingguan, bulanan serta tahunan adalah kegiatan yang dilakukan sebagai bahan evaluasi kegiatan harian. Kemudian strategi yang digunakan dalan pelaksanaan program meliputi: keteladanan, pembiasaan, penegakan disiplin, dan pembelajaran klasikal. Pembiasan-pembiasaan serta penegakkan disiplin dalam kehidupan sehari-sehari, seperti tertib sholat lima waktu, selalu bangun pagi, selalu menjaga kebersihan, dan lain sebagainya. Begitu juga dalam pembelajaran klasikal yang dilaksanakan sebagai bentuk penanaman nilainilai agama islam di panti asuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ardiana -
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:37
Last Modified: 18 Jan 2024 03:37
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11581

Actions (login required)

View Item View Item