Peran Faktor Pribadi Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Produk Di Toko Fitri Jilbab Kota Kediri

WINARSIH, SRI (2023) Peran Faktor Pribadi Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Produk Di Toko Fitri Jilbab Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931308016_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
931308016_bab1.pdf

Download (473kB)
[img] Text
931308016_bab2.pdf

Download (712kB)
[img] Text
931308016_bab3.pdf

Download (327kB)
[img] Text
931308016_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
931308016_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text
931308016_bab6.pdf

Download (127kB)
[img] Text
931308016_daftarpustaka.pdf

Download (314kB)
[img] Text
931308016_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK SRI WINARSIH, Dosen Pembimbing Moch. Zainuddin, M.E.I dan Ning Purnama Sariati, M.E.I, Judul Skripsi “Peran Faktor Pribadi Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Produk di Toko Fitri Jilbab Kota Kediri”. Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2023. Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Faktor Pribadi, Keputusan Pembelian Perkembangan ekonomi bisnis semakin pesat, apalagi beriringan dengan perkembangan teknologi yang membawa dampak positif pada peningkatan perekonomian suatu negara, masih dirasakan di tahun 2023 ini. Bisnis toko ritel yang menyediakan kebutuhan sandang masyarakat yang banyak dijumpai, diketahui bahwa kebutuhan sandang masyarakat terus meningkat seiring berjalannya waktu. Salah satunya yaitu bisnis toko jilbab dan outfit yang menyediakan kebutuhan sandang Islami, namun tetap fashionable. Toko Fitri jilbab adalah toko yang di media sosial memiliki jumlah followers (68,1 RB) lebih sedikit dibandingkan pesaingnya, yaitu Qomeshop 2 (203 RB) dan EHG_ID (79,4 RB). Selain itu Toko Fitri Jilbab juga memperoleh komentar (complain) dari beberapa konsumen di media sosial, seperti tidak adanya kepuasan membeli produk, spesifikasi produk, dan pelayanan. Namun, memiliki transaksi yang jauh lebih tinggi, dibandingkan pesaingnya. Data ini menarik peneliti untuk melakukan kajian lebih jauh, apa yang sesungguhnya menjadi faktor konsumen memutuskan membeli produk di Toko Fitri Jilbab Kota Kediri. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Proses pengumpulan data menggunakan observasi dan partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Wawancara secara langsung terhadap informan yaitu owner, 11 karyawan, dan 10 konsumen yang melakukan transaksi di Toko Fitri Jilbab. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan Triangulasi dan cross check data. Perolehan data yaitu tentang produk, manajemen toko, minat konsumen dan perilakunya, hingga faktor yang mempengaruhi keputusan membeli. Model pengamatan yang dilakukan adalah partisipasi dari peneliti untuk memperoleh gambaran perilaku konsumen dalam melakukan pembelian di Toko Fitri Jilbab Kota Kediri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya keterkaitan antara faktor pribadi konsumen dengan pengambilan keputusannya dalam membeli produk di Toko Fitri Jilbab. Konsumen memiliki karakteristik yang unik dalam faktor kepribadiannya dengan memilah produk sesuai yang diinginkan. Karena pada umumnya konsumen tersebut sudah mempunyai konsep diri untuk menentukan kebutuhan apa yang diinginkan. Namun faktor usia, pekerjaan, dan gaya hidup tetap mempengaruhi beberapa perilaku konsumen. Pengambilan keputusan konsumen tetap melalui proses pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan sikap pasca pembelian (kepuasan). Kelima tahapan tersebut tidak lepas dari faktor pribadi konsumen. Maka dari itu peran faktor pribadi konsumen adalah sebagai dasar pencarian kebutuhan dan pengambilan keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140105 Islamic Economic Theory (Dasar-dasar Teori Ekonomi Islam)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Sri Winarsih
Date Deposited: 15 Jan 2024 07:33
Last Modified: 15 Jan 2024 07:33
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11572

Actions (login required)

View Item View Item