Nurwakhidah, Dina Septi (2023) Strategi Pemasaran Usaha Bibit Cabai Dalam Meningkatkan Pendapatan Ditinjau Dari Syari’ah Marketing ( Studi Kasus Di Desa Mukuh Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri ). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
931318518_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
931318518_bab1.pdf Download (446kB) |
|
Text
931318518_bab2.pdf Download (574kB) |
|
Text
931318518_bab3.pdf Download (427kB) |
|
Text
931318518_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (651kB) |
|
Text
931318518_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) |
|
Text
931318518_bab6.pdf Download (373kB) |
|
Text
931318518_daftarpustaka.pdf Download (411kB) |
|
Text
931318518_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (941kB) |
Abstract
ABSTRAK Dina Septi Nurwakhidah : 931318518. Dosen pembimbing Dr. H. Imam Annas Mushlihin.MHI.dan Adin Fadilah. M.E.Sy. :Strategi Pemasaran Usaha Bibit Cabai dalam Meningkatkan Pendapatan Ditinjau dari Syari’ah Marketing ( Studi Kasus di Desa Mukuh Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri ). Ekonomi Syari’ah, Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Bibit Cabai, Pendapatan, Syari’ah Marketing. Pemasaran bibit cabai ini dapat dibilang sangat menguntungkan untuk mayoritas masyarakat atau penduduk di daerah pertanian, dengan begitu masyarakat tidak perlu jauh-jauh untuk mencari bibit-bibit tumbuhan terutama cabai untuk sawah-sawah mereka. Untuk menjalankan atau mempertahankannya agar tetap survive tidak mudah, dibutuhkan manajemen pemasaran untuk mengarahkan proses penciptaan, penawaran, dan berubah value yang dalam prosesnya sesuai dengan akad dan prinsip-prinsip bisnis dalam Islam. Maka fokus penelitian ini adalah: 1). Bagaimana strategi pemasaran usaha bibit cabai dalam meningkatkan pendapatan di Desa Mukuh Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri ?, 2). Bagaimana strategi pemasaran usaha bibit cabai dalam meningkatkan pendapatan di Desa Mukuh Kecamatan Kayen Kidul Kabupaten Kediri ditinjau dari Syari’ah Marketing ? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan bersumber dari data primer yaitu data yang diperoleh dari proses wawancara, dan data sekunder yaitu data yang diperoleh dari buku yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Tahap terakhir yang dilakukan adalah pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan peneliti, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah pertama, Strategi pemasaran usaha bibit cabai dalam meningkatkan pendapatan di Desa Mukuh , dimana usaha ini menawarkan bibit cabai. Usaha yang cocok dikembangkan di lingkungan masyarakat petani, karena banyak petani yang mencari bibit cabai untuk lahan persawahannya, dan untuk pendistribusian masih secara offline, promosipun masih dari mulut kemulut. Harga yang ditetapkan disesuaikan dengan harga bahan baku, biaya produksi dan keuntungan. Sedangkan kedua, Strategi pemasaran usaha bibit cabai dalam meningkatkan pendapatan ditinjau dari syariah marketing adalah secara keseluruhan pemasaran yang dilakukan pengusaha bibit cabai di Desa Mukuh sudah menerapkan etika yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha muslim. penerapan pada syariah marketing yang di dalamnya yakni tentang kesadaran akan nilai-nilai religious, selanjutnya bersifat kemanusiaan, memandang bahwa semua manusia itu sederajatnya sama dengan menjaga serta memelihara sifat-sifat kemanusiaan di antara sesama. Dengan begitu konsep marketing yang baik bukan hanya untuk menunjang keberhasilan melainkan juga memiliki dasar untuk kemaslahatan manusia. Karakteristik disini yaitu ketuhanan, etis atau akhlaq, realistis, dan humanistis. Akan tetapi dari segi prinsip syariah marketing sudah menerapkannya. Seperti penerapan etika yaitu berperilaku baik dan simpatik, berperilaku adil dalam bisnis, menepati janji dan tidak curang, jujur dan terpercaya, dan tidak suka menjelek-jelekkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Dina Septi Nurwakhidah |
Date Deposited: | 15 Jan 2024 04:25 |
Last Modified: | 15 Jan 2024 04:25 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11568 |
Actions (login required)
View Item |