Dewi, Aisyah Yuliana (2023) Pengembangan media pembelajaran babarutar pada materi sifat-sifat bangun ruang dan bangun datar untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas V SDN Grogol 3 Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932607019_prabab.pdf Download (656kB) |
|
Text
932607019_bab1.pdf Download (199kB) |
|
Text
932607019_bab2.pdf Download (457kB) |
|
Text
932607019_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) |
|
Text
932607019_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (958kB) |
|
Text
932607019_bab5.pdf Download (44kB) |
|
Text
92607019_daftarpustaka.pdf Download (174kB) |
|
Text
932607019_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
932607019_lembarpernyaaanpublikasi.pdf Download (111kB) |
Abstract
Pemanfaatan media pembelajaran merupakan salah satu yang dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat baru, membangkitkan motivasi dan merangsang kegiatan belajar, bahkan membawa pengaruh psikologis pada peserta didik. Tujuan pada penelitian ini adalah menghasilkan produk media pembelajaran babarutar pada materi sifat-sifat bangun ruang dan sifat-sifat bangun datar untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah jenis penelitian research and Develompment (R&D) dengan model penelitian ADDIE yang memiliki lima tahapan perkembangan yaitu (1) tahap analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implemestasi, (5) Evaluasi dengan menggunakan teknik analisis data skala likert dan uji t. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Grogol 3 Kediri dengan mengambil kelas V-A. Berdasarkan hasil validasi kelayakan media pembelajaran babarutar oleh ahli media yaitu sebesar 98 % yang artinya media sangat layak / sangat valid digunakan. Kemudian dari hasil validasi ahli materi sebesar 99,7 % yang artinya media tersebut sangat layak / sangat valid untuk digunakan. Sedangkan presentase dari angket motivasi belajar peserta didik yang berdasarkan hasil analisis deskriptif, diperoleh nilai rata-rata (mean) pretest 115,10 dan pada posttest 124,86. Ini berarti terjadi peningkatan hasil motivasi belajar peserta didik setelah mendapatkan perlakuan (Treetment) dengan menggunakan media babarutar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media babarutar untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik berpengaruh secara signifikan
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Aisyah Yuliana Dewi |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 06:10 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 06:10 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11559 |
Actions (login required)
View Item |