Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card Materi Rukun Islam Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Tunagrahita Di SLB PGRI Plosoklaten

Gusmiarti, Arni (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card Materi Rukun Islam Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Tunagrahita Di SLB PGRI Plosoklaten. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932124119_prabab.pdf

Download (986kB)
[img] Text
932124119_bab1.pdf

Download (548kB)
[img] Text
932124119_bab2.pdf

Download (466kB)
[img] Text
932124119_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Text
932124119_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (942kB)
[img] Text
932124119_bab5.pdf

Download (294kB)
[img] Text
932124119_bab6.pdf

Download (285kB)
[img] Text
932124119_daftarpustaka.pdf

Download (400kB)
[img] Text
932124119_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi-Arni.pdf

Download (108kB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran yang wajib ada pada semua jenjang sekolah. Pengembangan media pembelajaran flash card materi rukun Islam merupakan salah satu media yang bisa digunakan untuk menunjang proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan di SLB PGRI Plosoklaten dan objeknya adalah peserta didik tunagrahita. Hasil observasi dan wawancara peneliti kepada kepala sekolah dan guru PAI diperoleh data bahwa kurangnya metode serta media pembelajaran yang digunakan dalam proses penyampaian materi kepada peserta didik tunagrahita. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk Pengembangan Media Pembelajaran Flash Card Materi Rukun Islam Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Tunagrahita di SLB PGRI Plosoklaten. Jenis penelitian ini adalah RnD (Research and Development) menggunakan model ADDIE. Hasil validasi ahli materi memperoleh presentase kuantitatif sebesar 97% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi ahli media memperoleh presentase kuantitatif sebesar 94% dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasarkan hasil respon siswa terdapat dua kategori yaitu uji respon kelompok kecil dengan presentase 100% dengan kategori “Sangat Layak” dan uji respon kelompok besar dengan presentase 98% dengan kategori “Sangat Layak” juga. Berdasarkan Hasil motivasi belajar peserta didik tunagrahita sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran flash card materi rukun Islam diperoleh hasil 93% dan 97% secara berturut-turut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran flash card materi rukun Islam dinyatakan “Sangat Layak” digunakan dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik tunagrahita di SLB PGRI Plosoklaten dengan dikategorikan “Sangat Tinggi”.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ARNI GUSMIARTI
Date Deposited: 11 Jan 2024 06:46
Last Modified: 11 Jan 2024 06:46
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11532

Actions (login required)

View Item View Item