Peran Strategi Bauran Pemasaran Pedagang Kaki Lima Di Lapangan Alun-Alun Desa Karangrejo Kecamatan Kandat Dalam Menarik Minat Beli Konsumen

Yusiana, Siti (2023) Peran Strategi Bauran Pemasaran Pedagang Kaki Lima Di Lapangan Alun-Alun Desa Karangrejo Kecamatan Kandat Dalam Menarik Minat Beli Konsumen. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
934112519_prabab.pdf

Download (717kB)
[img] Text
934112519_bab1.pdf

Download (257kB)
[img] Text
934112519_bab2.pdf

Download (142kB)
[img] Text
934112519_bab3.pdf

Download (124kB)
[img] Text
934112519_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
934112519_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
934112519_bab6.pdf

Download (34kB)
[img] Text
934112519_daftarpustaka.pdf

Download (95kB)

Abstract

Strategi pemasaran merupakan salah satu langkah utama dan penting untuk dilakukan oleh seorang pelaku usaha dalam melakukan perencanaan pemasaran. Suatu perusahaan besar ataupun sebuah usaha dalam lingkup kecil seperti para pedagang kaki lima perlu untuk melakukan suatu strategi agar usaha yang dijalankannya dapat diminati oleh para konsumen sehingga penjualannya dapat maksimal yaitu salah satunya dengan menerapkan strategi bauran pemasaran ini. Karena dengan penerapan strategi bauran pemasaran yang tepat maka pedagang kaki lima pun dapat mencapai tujuan-tujuan usahanya yaitu dapat memahami setiap kebutuhan konsumen dan dapat meningkatkan minat konsumen. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian terkait bagaimana peran strategi bauran pemasaran pedagang kaki lima di lapangan Alun-Alun Desa Karangrejo Kecamatan Kandat dalam menarik minat beli konsumen dilihat dari perspektif pemasaran syariah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil wawancara kepada para pedagang kaki lima, konsumen dan pengelola pedagang kaki lima. Sedangkan untuk data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan dan berbagai literatur yang memiliki kaitan dengan penelitian ini. Untuk analisis data peneliti menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi bauran pemasaran yang diterapkan oleh pedagang kaki lima di lapangan Alun-Alun Desa Karangrejo Kecamatan Kandat dalam menarik minat beli konsumen, sebagai berikut : (1) Produk, selalu menjaga mutu dan kualitas produk, serta melakukan inovasi produk. (2) Harga, menetapkan harga yang relatif terjangkau oleh semua kalangan dan harga yang variatif. (3) Promosi, menggunakan promosi secara langsung dari mulut ke mulut dan promosi melalui media sosial seperti whatsapp dan facebook.(4) Tempat, lokasi strategis, sering dilalui oleh banyak orang, dan akses jalan juga mudah. Strategi bauran pemasaran yang diterapkan para pedagang memiliki peran yang baik dalam meningkatkan minat beli konsumen, serta jika dilihat dari perspektif syariah kegiatan pemasaran yang diterapkan oleh para pedagang kaki lima telah sesuai dengan karakteristik pemasaran syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Yusiana
Date Deposited: 08 Jan 2024 07:00
Last Modified: 08 Jan 2024 07:00
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11471

Actions (login required)

View Item View Item