Strategi Dakwah Komunitas Brother’s Jannah Di Kota Kediri

Prianto, Ina Olviana (2021) Strategi Dakwah Komunitas Brother’s Jannah Di Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933501815_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933501815_bab1.pdf

Download (516kB)
[img] Text
933501815_bab2.pdf

Download (743kB)
[img] Text
933501815_bab3.pdf

Download (432kB)
[img] Text
933501815_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
933501815_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB)
[img] Text
933501815_bab6.pdf

Download (424kB)
[img] Text
933501815_daftarpustaka.pdf

Download (323kB)
[img] Text
933501815_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK INA OLVIANA PRIANTO, Dosen Pembimbing 1 Dr. Prilani, M.Si., dan Pembimbing 2 Ika Silviana: STRATEGI DAKWAH KOMUNITAS BROTHER’S JANNAH DI KOTTA KEDIRI, Komunikasi Penyiaran Islam, Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri, 2021. Kata kunci: Strategi Dakwah, Komunikasi Interpersonal, Komunitas Brother’s Jannah Penelitian ini bertujuan, pertama untuk mengetahui strategi dakwah Komunitas Brother’s Jannah di Kota Kediri. Kedua, untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat. Komunitas Brother’s Jannah adalah komunitas dakwah yang ada di Kota Kediri, dengan segmentasi anak muda khususnya di dunia underground. Konsep kajiannya bernuansa santai. Bahasa yang digunakan da'i adalah bahasa sehari-hari dan mudah dimengerti. Fashion da’i juga menyesuaikan kondisi anak muda, seperti memakai celana jeans, kemeja. Strategi ini digunakan agar pesan yang disampaikan da’i dapat tersampaikan, mudah diterima, dan dimengerti oleh mad’u. Pendekatan dan jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Di mana penelitian ini di tujukkan untuk mengumpulkan data aktual dan rinci sesuai gejala yang terjadi. Peneliti menggunakan teori strategi yang memuat Komunikasi Interpersonal dan unsusr-unsur dakwah. Dalam memperoleh data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dengan menggunakan teknik snowball sampling, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi dakwah yang dilakukan oleh Komunitas Brother’s Jannah dalam proses penyampaian dakwah. Hasil dari penelitian strategi dakwah yang dilakukan oleh Komunitas Brother’s Jannah terhadap pemuda khususnya yang masuk dalam kelompok underground, mengungkapkan bahwa: strategi dakwah Komunitas Brother’s Jannah menggunakan komunikasi interpersonal dan mengambil sikap empati dan tidak emosional, cenderung santai dan memudahkan (taisir) bukan menuntut dan menghakimi. Menghadirkan da’i yang mempunyai kredibilitas dalam penyampaian pesan. Komunitas Brother’s Jannah mengambil tema kajian yang lebih ringan sesuai dengan segmentasi. Kegiatan Komunitas Brother’s Jannah meliputi kajian, aksi sosial kemanusiaan dan dakwah. Namun, pelaksanaannya memiliki hambatanya itu pada internal dan eksternal. Internal meliputi pengurus yang intensitas dalam komunitas berkurang, ini dikarenakan ada yang sudah berkeluarga, kerja, dan pindah tempat tinggal. Eksternal, meliputi masyarakat sekitar yang mencurigai kegiatan-kegiatan Komunitas Brother’s Jannah, sehingga menimbulkan rasa cemas dan hilangnya semangat dari pengurus Brother’s Jannah. Dalam hal ini, perekrutan anggota tetap dilakukan, agar adanya regenerasi sehingga dakwah Brother’s Jannah tetap jalan. Serta memberikan penjelasan yang baik kepada masyarakat agar tidak adanya tuduhan-tuduhan yang mengakibatkan kesalah pahaman

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: INA OLVIANA PRIANTO
Date Deposited: 05 Jan 2024 06:57
Last Modified: 05 Jan 2024 06:57
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11456

Actions (login required)

View Item View Item