Pengaruh Video Animasi Riko The Series Terhadap Pemahaman Siswa Pada Materi Isra Mikraj Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IV Di MI Umar Zahid Semelo

Nurrosita, Tasya Shafa (2023) Pengaruh Video Animasi Riko The Series Terhadap Pemahaman Siswa Pada Materi Isra Mikraj Dalam Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IV Di MI Umar Zahid Semelo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932129919_prabab.pdf

Download (445kB)
[img] Text
932129919_bab1.pdf

Download (213kB)
[img] Text
932129919_bab2.pdf

Download (211kB)
[img] Text
932129919_bab3.pdf

Download (226kB)
[img] Text
932129919_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text
932129919_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[img] Text
932129919_bab6.pdf

Download (64kB)
[img] Text
932129919_daftarpustaka.pdf

Download (140kB)
[img] Text
932129919_Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (68kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman siswa pada materi isra mikraj sebelum diberikan video animasi dan untuk mengetahui pengaruh video animasi riko the series terhadap pamahaman siswa pada materi isra mikraj kelas IV di MI Umar Zahid Semelo Bandar Kedungmulyo Jombang.Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen yang menggunakan model one group pre-test post-test dengan melibatkan dua kelas yakni kelas IV-A sebanyak 28 siswa dan kelas IV-B sebanyak 26 siswa sebagai subjek penelitian di MI Umar Zahid Semelo. Tes menggunakan soal pilihan ganda yang telah dirancang dan divalidasi oleh para ahli (experts judgment) sesuai dengan indikator pemahaman belajar siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS 29.0 dengan uji t (Paired sampel t-test).Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan: 1) Pemahaman siswa sebelum diberikan video animasi banyak yang mendapatkan nilai <75 sebanyak 52 siswa dan sisanya mendapatkan nilai 75 sebanyak 2 siswa. Dari nilai tersebut masuk kategori kurang dengan materi isra mikraj kelas IV di MI Umar Zahid Semelo ini dengan nilai terendahnya sebesar 10 dan terbesarnya 75. 2) Pengaruh video animasi riko the series terhadap pemahaman siswa dengan nilai 0.000 < 0.05 sehingga terdapat pengaruh video animasi riko the series terhadap pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tasya Shafa Nurrosita
Date Deposited: 25 Jun 2024 02:44
Last Modified: 25 Jun 2024 02:44
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11340

Actions (login required)

View Item View Item