PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMP DALAM KONTEKS BUDAYA JAWA

Damayanti, Adisa Eka (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMP DALAM KONTEKS BUDAYA JAWA. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932301819_bab1.pdf

Download (334kB)
[img] Text
932301819_bab2.pdf

Download (314kB)
[img] Text
932301819_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text
932301819_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932301819_bab5.pdf

Download (308kB)
[img] Text
932301819_daftarpustaka.pdf

Download (417kB)
[img] Text
932301819_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
932301819_prabab.pdf

Download (720kB)
[img] Text
Adisa Eka Damayanti_932301819_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (195kB)

Abstract

Kemampuan numerasi merupakan kemampuan yang diharapkan dapat dimiliki oleh siswa. Secara global kemampuan numerasi siswa di Indonesia masih rendah. Numerasi memiliki tiga koteks yaitu persoal, sosial budaya, dan saintfik. Budaya di Indonesia harus dilindungi, dikembangkan, dan dilestarikan. Salah satu bentuk pelestarian budayaan indonesia adalah melalui bidang pendidikan. Pelestarian ini dapat dilakukan dengan cara mengembangkan instrumen tes numerasi berbasis budaya. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah mengembangkan instrumen tes numerasi guna menghasilkan instrumen tes numerasi yang tervalidasi, reliabel, serta dapat mengukur kemampuan numerasi siswa. Selain itu juga membiasakan siswa dengan berbagai soal berbasis numerasi dalam konteks budaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan model ADDIE. Model ADDIE memiliki 6 tahapan yaitu: Analysis, Design, Developmen, Implementation, and Evalation. Pengembangan pada penelitian ini yaitu pengembangan instrumen tes. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII A, VIII B, dan VIII C yang berjumlah 96 siswa. Aspek yang digunakan untuk mengukur kelayakan Instrumen tes yaitu CTT (classical test teory) yang memuat reliabilitas, tingkat kesukaran, dan diskriminan (daya beda) dan rasch model yang memuat infit, outfit, person item map, dan ICC. Berdasarkan hasil perhitungan CTT (classical test teori) terdapat 12 butir soal yang memenuhi kriteria. Berdasarkan hasil perhitungan rasch model terdapat 46 butir soal yang memenuhi kriteria. Peneliti memilih hasil perhitungan rasch model untuk menilai kelayakan istrumen tes karena keakuratan datanya diklaim lebih baik dari CTT. Berdasarkan keterangan di atas maka dapat disimpulkan terdapat 46 butir soal yang layak digunakan dan dimasukkan bank soal.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0101 Pure Mathematics (Matematika Murni) > 010199 Pure Mathematics not elsewhere classified
01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0102 Applied Mathematics (Matematika Terapan) > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: ADISA EKA DAMAYANTI
Date Deposited: 19 Dec 2023 06:06
Last Modified: 19 Dec 2023 06:06
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11291

Actions (login required)

View Item View Item