Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Permainan Maze Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas IV MI Al-Mubarok Pada Mata Pelajaran IPS

Muyasarroh, Binti Afrilia (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Permainan Maze Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas IV MI Al-Mubarok Pada Mata Pelajaran IPS. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932603519_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932603519_bab1.pdf

Download (552kB)
[img] Text
932603519_bab2.pdf

Download (652kB)
[img] Text
932603519_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (993kB)
[img] Text
932603519_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932603519_bab5.pdf

Download (396kB)
[img] Text
932603519_daftarpustaka.pdf

Download (511kB)
[img] Text
932603519_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
932603519_pernyataanpublikasi.pdf

Download (188kB)

Abstract

ABSTRAK Binti Afrilia Muyassaroh, Dosen Pembimbing Dr. Muhammad Ilman Nafi‘an, M.Pd dan Apriliyani Diah Kartikasari, M.Pd, Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Permainan Maze Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas IV MI Al-Mubarok Pada Mata Pelajaran IPS, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci : Pengembangan Media, Pop Up Book, Kemampuan Kognitif Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan salah satu muatan pelajaran yang ada dalam pembelajaran tematik yang sesuai dengan ketentuan kurikulum 2013 kelas IV. Mata Pelajaran IPS dirancang untuk mengembangkan pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan analisis terhadap kondisi sosial masyarakat dalam menghadapi tantangan berat di masa yang akan datang. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk (1) menghasilkan media pembelajaran pop up book berbasis permainan maze materi jenis-jenis pekerjaan kelas IV. (2) untuk mengetahui kelayakan dari media pembelajaran pop up book materi jenis-jenis pekerjaan kelas IV. Serta (3) mengetahui peningkatan kemampuan kognitif siswa melalui media pembelajaran pop up book materi jenis-jenis pekerjaan. Penelitian ini dilaksanakan di MI Al-Mubarok Bulu Babadan Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk, dengan siswa kelas IV yang dijadikan subjek penelitian sebanyak 30 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode RnD atau Research and Development dengan model penelitian yaitu model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu (1) Analisis, (2) Perancangan, (3) Pengembangan, (4) Implementasi dan yang terakhir (5) Evaluasi. Hasil pengembangan pop up book sebagai media pembelajaran menunjukkan bahwa, 1) Pop up book sesuai dengan materi pembelajaran kelas IV dengan subtema jenis-jenis pekerjaan didesain dengan bentuk tiga dimensi yang dapat bergerak saat halaman dibuka. Media pop up book menggunakan kertas Art Paper A4 dan terdiri dari 15 halaman. 2) kelayakan produk media pembelajaran pop up book mendapat skor dari para validator yaitu oleh ahli media. Rekapitulasi data menunjukkan skor sebesar 89,4% yang berarti sangat layak, sedangkan oleh ahli materi memperoleh skor sebesar 97,4% yang berarti sangat layak dan oleh ahli soal pretest posttest mendapatkan skor sebesar 88,6% yang berarti sangat layak. Setelah mendapatkan hasil layak dari para validator. 3) Peneliti melakukan uji coba dengan melakukan pretest dan posttest dan mendapatkan hasil analisis data berupa rata-rata skor pretest = 64,8 dan meningkat pada hasil posttesst = 84,6 sehingga terjadi peningkatan kemampuan kognitif siswa setelah menggunakan media pembelajaran pop up book. Selain itu hasil uji N-gain mendapat hasil sebesar 0,4971 yang berarti adanya peningkatan dengan kategori ―efektif‖ artinya media pop up book menarik dan mampu meningkatkan kemampuan kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Seni Kreatif, Media dan Komunikasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: BINTI APRILIA MUYASSAROH
Date Deposited: 18 Dec 2023 06:45
Last Modified: 18 Dec 2023 06:45
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11273

Actions (login required)

View Item View Item