PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH YAYASAN PESANTREN SABILIL MUTTAQIN TAWANGREJO KEDIRI

Nabilah, Jihan Rona (2023) PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH YAYASAN PESANTREN SABILIL MUTTAQIN TAWANGREJO KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
932602118_bab1.pdf

Download (435kB)
[img] Text
932602118_bab2.pdf

Download (449kB)
[img] Text
932602118_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
932602118_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932602118_bab5.pdf

Download (307kB)
[img] Text
932602118_daftarpustaka.pdf

Download (414kB)
[img] Text
932602118_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
932602118_prabab.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Jihan Rona Nabilah, Dosen Pembimbing Dr. Fartika Ifriqia, M.Pd. dan Ratna Wahyu Wulandari, M.Pd. : Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas II Madrasah Ibtidaiyah Yayasan Pesantren Sabilil Muttaqin Tawangrejo Kediri, Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri 2023. Kata Kunci : Pengembangan Media, Big Book, Keterampilan Membaca Permulaan. Membaca permulaan adalah tahapan proses belajar membaca bagi siswa sekolah dasar kelas awal. Siswa belajar untuk memperoleh kemampuan dan menguasai teknik-teknik membaca dan menangkap isi bacaan dengan baik. Pelajaran membaca di kelas I dan kelas II merupakan membaca tahap awal. Kemampan membaca yang diperoleh anak dikelas I dan kelas II akan menjadi dasar pembelajaran membaca dikelas berikutnya. Salah satu cara yang tepat untuk mengajarkan siswa dalam membaca permulaan adalah dengan media “big book”. Media big book adalah buku bacaan yang berisi gambar dan tulisan dalam ukuran yang besar sehingga siswa menjadi lebih tertarik untuk membaca serta mampu melatih siswa dalam memahami isi suatu bacaan. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk pembelajaran Big Book untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa kelas II di MI YPSM Tawangrejo Kediri dan untuk mengetahui kelayakan dan kefektifan media Big Book yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yaitu: analysis, design, development, implementation, and evaluation. Instrumen yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket penilaian ahli desain media, ahli media, ahli materi, ahli bahasa, angket respon siswa serta tes membaca (pretest dan posttest). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, media Big Book dikatakan layak dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil sebagai berikut : (1) hasil validasi ahli desain media mendapatkan presentase 80% yang artinya “Layak”. Hasil penilaian oleh ahli media I adalah 86% dan dari ahli media II mendapatkan presentase 95% sehingga dapat disimpulkan bahwa media Big Book “Sangat Layak” untuk digunakan. Hasil penilaian oleh ahli materi adalah 86% yang artinya “Sangat Layak” untuk digunakan. Hasil penilaian oleh ahli bahasa adalah 97% yang artinya “Sangat Layak”. (2) hasil uji coba pretest dan posttest membaca siswa yang telah diuji dengan N-Gain Score. Pada uji kelompok kecil diperoleh rata-rata presentase sebesar 67% kategori “Sedang”. Pada uji kelompok besar memperoleh rata-rata presentase sebesar 78% dalam kategori “Tinggi”. Sehingga media Big Book untuk membaca permulaan siswa kelas II layak digunakan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: JIHAN RONA NABILAH
Date Deposited: 18 Dec 2023 07:14
Last Modified: 18 Dec 2023 07:14
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11272

Actions (login required)

View Item View Item