PERAN DIGITALISASI PERBANKAN MELALUI TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DALAM MENINGKATKAN INKLUSI KEUANGAN NASABAH BANK SYARIAH (Studi di Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Kediri Hayam Wuruk)

SETYANINGRAT, DWI (2023) PERAN DIGITALISASI PERBANKAN MELALUI TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DALAM MENINGKATKAN INKLUSI KEUANGAN NASABAH BANK SYARIAH (Studi di Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Kediri Hayam Wuruk). Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
931423118_bab1.pdf

Download (217kB)
[img] Text
931423118_bab2.pdf

Download (160kB)
[img] Text
931423118_bab3.pdf

Download (121kB)
[img] Text
931423118_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
931423118_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text
931423118_bab6.pdf

Download (44kB)
[img] Text
931423118_daftarpustaka.pdf

Download (165kB)
[img] Text
931423118_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] Text
931423118_prabab.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Dwi Setyaningrat, Dosen Pembimbing Dr. H. Imam Annas Mushlihin, MHI dan Arif Zunaidi, SHI., MEI: “Peran Digitalisasi Perbankan Melalui Technology Acceptance Model (TAM) dalam Meningkatkan Inklusi Keuangan Nasabah Bank Syariah (Studi di Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Kediri Hayam Wuruk”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi Syariah, IAIN Kediri 2023. Kata Kunci: Digitalisasi Perbankan, Inklusi Keuangan, Nasabah Bank Syariah, dan Technology Acceptance Model (TAM) Digitalisasi perbankan dengan menggunakan bank digital dapat memperluas jangkauan layanan keuangan dan inklusi keuangan. Berdasarkan perspektif model penerimaan teknologi atau technology acceptance model (TAM) bahwa suatu teknologi dapat diterima dengan baik oleh masyarakat apabila dapat memenuhi dua asas utama, yaitu asas kemudahan dan asas kemanfaatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan digitalisasi perbankan di Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Kediri Hayam Wuruk dan Untuk menganalisis peran digitalisasi perbankan melalui Technology Acceptance Model (TAM) di Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Kediri Hayam Wuruk dalam meningkatkan inklusi keuangan nasabah bank syariah. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengambilan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi serta didukung oleh literatur yang relevan. Wawancara dilakukan dengan pihak Bank Syariah Indonesia (BSI) KC Kediri Hayam Wuruk dan nasabah dari KC Kediri Hayam Wuruk yang sudah menggunakan BSI Mobile. Dengan analisis data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini bahwa digitalisasi perbankan pada BSI Kediri KC Hayam Wuruk melalui BSI mobile. Penggunaaan BSI mobile melalui Technology Acceptance Model (TAM) terwujud dari dua persepsi yaitu kemudahan dan kemanfaatan yang dirasakan nasabah. Kemudian model TAM terdapat tiga unsur pembentuk yaitu, 1) attitude towards behaviour, yang tergambarkan saat nasabah tertarik menggunakan BSI mobile saat pandemi. 2) behavioural intention, keputusan menggunakan BSI mobile dengan kemudahan trasansaksi yang diberikan. 3) behaviour, melalu perilaku penggunaan untuk transfer dan top up dompet digital. BSI mobile berperan meningkatkan inklusi keuangan nasabah yang ditandai dengan peningkatan jumlah pengguna tahun 2021-2022. Inklusi keuangan nasabah terlihat dari tiga dimensi yang terpenuhi. 1) aksesibilitas dengan fokus pada nasabah dan sosialisasi pada masyarakat khusunya bagi nasabah berusia lanjut agar cakap bertransaksi secara elektronik. 2) ketersediaan dengan memberikan fasilitas yang sama antara layanan di kantor dan melalui BSI Mobile. 3) penggunaan dengan memberikan kemudahan layanan serta notifikasi terhadap pembiayaan. Inklusi keuangan nasabah BSI Hayam Wuruk meningkat dari indikator jumlah kepemilikan rekening per populasi, jumlah kepemilikan rekening tabungan dan jumlah transaksi rekening selama setahun terus meningkat pada 2020- 2022.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1502 Banking, Finance and Investment, Financial Institution > 150201 Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: DWI SETYANINGRAT
Date Deposited: 18 Dec 2023 02:58
Last Modified: 18 Dec 2023 02:58
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11254

Actions (login required)

View Item View Item