PENERAPAN METODE BONEKA JARI (FINGER PUPPET) DALAM MELATIH KETERAMPILAN INTERPERSONAL PADA ANAK YANG MENGALAMI KETERLAMBATAN BICARA (SPEECH DELAY) DI SEKOLAH ALAM RAMADHANI

TRISYAFATNA, KAFIN (2023) PENERAPAN METODE BONEKA JARI (FINGER PUPPET) DALAM MELATIH KETERAMPILAN INTERPERSONAL PADA ANAK YANG MENGALAMI KETERLAMBATAN BICARA (SPEECH DELAY) DI SEKOLAH ALAM RAMADHANI. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.

[img] Text
933411119_bab1.pdf

Download (213kB)
[img] Text
933411119_bab2.pdf

Download (302kB)
[img] Text
933411119_bab3.pdf

Download (316kB)
[img] Text
933411119_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
933411119_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text
933411119_bab6.pdf

Download (98kB)
[img] Text
933411119_daftarpustaka.pdf

Download (101kB)
[img] Text
933411119_lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
933411119_prabab.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK KAFIN TRISYAFATNA. 2023. Dosen Pembimbing (1) Drs. Moh. Irfan Burhani, M.Psi, dan pembimbing (2) Rezki Suci Qamaria, M.Psi. Penerapan Metode Boneka Jari (Finger Puppet) dalam Melatih Keterampilan Interpersonal pada Anak yang Mengalami Keterlambatan Bicara (Speech Delay) di Sekolah Alam Ramadhani. Skripsi, Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2023. Kata Kunci: Metode Boneka Jari, Keterampilan Interpersonal, Keterlambatan Bicara, Anak Keterampilan interpersonal pada anak merupakan hal yang sangat penting. Keterampilan interpersonal adalah keterampilan yang dimiliki dalam berhubungan dengan orang lain. Penting melatih keterampilan interpersonal pada anak yang terlambat bicara agar ketika dihadapkan dengan lingkungan dan interaksi dengan temannya dapat bersikap dengan baik. Salah satu cara untuk melatih keterampilan interpersonal adalah dengan metode boneka jari (finger puppet). Boneka jari adalah salah satu metode yang digunakan untuk bercerita dengan media atau maskot mungil yang dipasangkan di jari untuk bercerita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode boneka jari (finger puppet) dalam melatih keterampilan interpersonal pada anak yang mengalami keterlambatan bicara (speech delay) di Sekolah Alam Ramadhani. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dengan desain Single Case Desain (SCD) atau Desain Eksperimen Kasus Tunggal (DEKT). Subjek dalam penelitian ini berinisial GAA yang mengalami keterlambatan bicara dan kesulitan dalam keterampilan interpersonal. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata yang kemudian disajikan dalam bentuk diagram dan penarikan kesimpulan. Hasil pengukuran pada aspek insiatif di fase baseline subjek mendapatkan nilai rata-rata sebesar 10, kemudian pada siklus I sebesar 14, pada siklus II sebesar 18,3, dan pada fase follow-up sebesar 25,3, ada peningkatan pada aspek inisiatif. Pada aspek keterbukaan subjek mendapatkan nilai rata-rata pada fase baseline sebesar 4, pada siklus I sebesar 8, pada siklus II sebesar 10,3, dan pada fase followup sebesar 11,6, ada peningkatan pada aspek keterbukaan. Pada aspek asertif subjek mendapatkan nilai rata-rata pada fase baseline sebesar 7,5, pada siklus I sebesar 11,6, pada siklus II sebesar 20,6, dan fase follow-up sebesar 23,3, ada peningkatan pada aspek asertif. Pada aspek empati subjek mendapatkan skor pada fase baseline sebesar 5, pada siklus I sebesar 7,3, pada siklus II sebesar 11,6, dan fase follow-up sebesar 11, ada peningkatan pada aspek empati. Pada aspek mengatasi konflik subjek mendapatkan skor pada fase baseline sebesar 6, pada siklus I sebesar 10, pada siklus II sebesar 15,6, dan fase follow-up sebesar 17,3, ada peningkatan pada aspek mengatasi konflik. Maka, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode boneka jari (finger puppet) dapat meningkatkan keterampilan interpersonal anak yang mengalami keterlambatan bicara (speech delay).

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Kafin Trisyafatna
Date Deposited: 18 Dec 2023 01:47
Last Modified: 18 Dec 2023 01:47
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11251

Actions (login required)

View Item View Item