Strategi Pemasaran Kue Tradisional Dalam Meningkatkan Penjualan Perspektif Syariah Marketing (Studi Pada Pengusaha Kue Getas Wijaya Lestari Jombang)

Khasanah, Laila Umi (2023) Strategi Pemasaran Kue Tradisional Dalam Meningkatkan Penjualan Perspektif Syariah Marketing (Studi Pada Pengusaha Kue Getas Wijaya Lestari Jombang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931329418_PRA BAB.pdf

Download (2MB)
[img] Text
931329418_BAB I.pdf

Download (655kB)
[img] Text
931329418_BAB II.pdf

Download (534kB)
[img] Text
931329418_BAB III.pdf

Download (339kB)
[img] Text
931329418_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[img] Text
931329418_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB)
[img] Text
931329418_BAB VI.pdf

Download (323kB)
[img] Text
931329418_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)
[img] Text
931329418_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Strategi pemasaran kue tradisional dalam meningkatkan penjualan perspektif syariah marketing merupakan fokus penelitian ini. Studi kasus dilakukan di pengusaha kue getas Wijaya Lestari Jombang dengan tujuan untuk mengungkap strategi pemasaran yang diterapkan oleh perusahaan tersebut dan bagaimana strategi tersebut berkontribusi dalam meningkatkan penjualan, dengan mempertimbangkan prinsip-prinsip syariah marketing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif sebagai metode penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan pemilik usaha, karyawan, reseller, dan konsumen pengusaha kue getas Wijaya Lestari Jombang. Validitas data diverifikasi melalui keikutsertaan peneliti, penetapan pengamatan dalam observasi, dan triangulasi. Data yang terkumpul dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tahapan penelitian meliputi tahap pra lapangan, tahap di lapangan, tahap analisis, dan tahap penulisan laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengusaha kue getas Wijaya Lestari Jombang menerapkan beberapa strategi pemasaran yang efektif. Pertama, strategi produk yang melibatkan penjualan kue getas berkualitas tinggi dengan bahan baku yang berkualitas. Perusahaan menjaga rasa enak dan empuk kue, serta memberikan ciri khas rasa yang berbeda dengan produk kue getas lainnya. Kedua, strategi harga yang ditetapkan tidak terlalu mahal atau murah, sehingga tetap menarik bagi konsumen. Ketiga, strategi tempat dengan lokasi berjualan yang strategis, terletak di wilayah Jombang kota dan dekat dengan Pasar Legi. Terakhir, strategi promosi yang melibatkan penjualan langsung kepada konsumen dan pemanfaatan media sosial seperti WhatsApp, Facebook, dan Instagram. (2) Implementasi strategi pemasaran oleh pengusaha kue getas Wijaya Lestari Jombang telah berhasil meningkatkan penjualan Kue Getas Wijaya Lestari Jombang secara konsisten setiap tahun. Faktor-faktor yang berperan dalam peningkatan penjualan meliputi kondisi dan kemampuan penjual, kondisi pasar, modal, dan kondisi organisasi perusahaan. (3) Strategi pemasaran pengusaha kue getas Wijaya Lestari Jombang juga didasarkan pada prinsip-prinsip syariah marketing. Perusahaan mengacu pada Al-Qur'an dan Hadis dalam menjalankan strategi pemasaran. Keempat karakteristik syariah marketing, yaitu rabbaniyyah (berorientasi kepada Allah), teitis (terikat dengan aturan syariah), realistis (sesuai dengan kondisi riil), dan humanistis (mempertimbangkan kemaslahatan umat), terlihat jelas dalam strategi pemasaran yang diterapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: LAILA UMI KHASANAH
Date Deposited: 18 Dec 2023 06:23
Last Modified: 18 Dec 2023 06:23
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11247

Actions (login required)

View Item View Item