Upaya guru al-Qur’an dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan baca tulis al-Qur’an di MTs Darul Ulum Gondang Nganjuk

Mutmainah, Siti (2023) Upaya guru al-Qur’an dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan baca tulis al-Qur’an di MTs Darul Ulum Gondang Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932129119_prabab.pdf

Download (850kB)
[img] Text
932129119_bab1.pdf

Download (280kB)
[img] Text
932129119_bab2.pdf

Download (341kB)
[img] Text
932129119_bab3.pdf

Download (158kB)
[img] Text
932129119_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB)
[img] Text
932129119_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
932129119_bab6.pdf

Download (182kB)
[img] Text
932129119_daftarpustaka.pdf

Download (185kB)

Abstract

Al-Qur’an adalah kitab suci umat Muslim yang sangat dimuliakan karena di dalam Al-Qur’an terdapat nilai-nilai yang penting untuk dijadikan pedoman terhadap segala aspek kehidupan yang lebih baik. Ketika umat Muslim ingin memiliki kehidupan yang lurus, sejahtera, damai, dan bahagia dianjurkan berperilaku sesuai dengan semua hal yang tertulis dalam Al-Qur’anul Karim. Masalah yang ingin diungkapkan dalam dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana tingkat pemahaman dan ketampilan baca tulis Al-Qur’an siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Gondang Nganjuk, 2) Upaya-upaya apa saja yang dilakukan oleh guru Al-Qur’an dalam meningkatkan tingkat pemahaman dan ketampilan baca tulis Al-Qur’an siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Gondang Nganjuk, 3) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat guru Al-Qur’an dalam meningkatkan pemahaman dan ketampilan baca tulis Al-Qur’an siswa Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum Gondang Nganjuk. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus atau penelitian lapangan (field study). Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, penulis menggunakan beberapa teknik, yaitu teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data, penulis menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan dalam pengamatan dan triangulasi.Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan 1) Tingkatan kemampuan siswa dalam pemahaman dan keterampilan BTQ siswa MTS Darul Ulum Nganjuk siswa mampu melafalkan makharijul huruf beserta panjang pendek harokat dan menerapkan ilmu tajwid. Siswa juga mampu menulis huruf hijaiyah secara tepisah dan bersambung. 2) Upaya yang dilakukan oleh guru Al-Qur’an yaitu sangat mengupayakan program pemberantasan buta huruf Al-Qur’an di MTs Darul Ulum Gondang Nganjuk. Program tersebut antara lain kegiatan Nariyahan dan membaca doa-doa, program intensif mengaji, program mengaji wajib, mata pelajaran penunjang (tajwid, muhafadhoh, muthola’ah kitab). 3) Faktor pendukung: adanya kesadaran dari diri siswa untuk mempelajari Al-Qur’an, dan adanya dukungan penuh kepala madrasah. 4). Faktor penghambat: kurangnya wawasan pengetahuan Al-Qur’an sejak dini dan pengawasan dari orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Siti Mutmainah
Date Deposited: 20 Dec 2023 03:35
Last Modified: 20 Dec 2023 03:35
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11243

Actions (login required)

View Item View Item