Burnout Pada Guru Sekolah Luar Biasa Di SLB PGRI Plosoklaten

Absari, Geta Wahyu (2023) Burnout Pada Guru Sekolah Luar Biasa Di SLB PGRI Plosoklaten. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933409216_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933409216_bab1.pdf

Download (450kB)
[img] Text
933409216_bab2.pdf

Download (337kB)
[img] Text
933409216_bab3.pdf

Download (325kB)
[img] Text
933409216_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text
933409216_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
933409216_bab6.pdf

Download (197kB)
[img] Text
933409216_daftarpustaka.pdf

Download (596kB)
[img] Text
933409216_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK ABSARI, GETA WAHYU, 2023. BURNOUT PADA GURU SLB DI SLB PGRI PLOSOKLATEN, Skripsi, Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri. Pembimbing (1) Dr. M. Zaenal Arifin, MHI dan (2) Novi Wahyu Winastuti, M.Psi Kata Kunci: Burnout, Guru SLB. Setiap orang jika mengalami tekanan yang besar secara terus menerus akan mengalami sindrom kelelahan atau burnout. Hal ini juga bisa dialami oleh guru SLB karena mereka mendampingi belajar anak-anak berkebutuhan khusus yang pastinya juga membutuhkan perlakuan khusus. Karena hal itulah peneliti mengambil tema tersebut. Burnout dapat terjadi pada individu yang bekerja dengan orang-orang dalam kelompok yang memiliki kepentingan yang sama. Selain itu burnout biasanya terjadi pada orang yang berhubungan dengan pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana burnout yang dialami guru SLB dan faktor-faktor burnout pada guru SLB di SLB PGRI Plosoklaten Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi, penelitian ini dilakukan pada 6 informan guru SLB di SLB PGRI Plosoklaten. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) wawancara semi-terstruktur (2) observasi dan (3) dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa keenam subjek guru SLB di SLB PGRI Plosoklaten memiliki pola burnout yang berbeda-beda. Empat subjek mengalami burnout dan dua subjek tidak mengalaminya. Dua subjek mengalami burnout yang kuat dan dua subjek mengalami burnout yang lemah. Burnout yang dialami guru SLB PGRI Plosoklaten terlihat pada kelelahan fisik dan emosi yang dirasakan keempat subjek. Subjek merasakan kelelahan fisik berupa pusing dan sulit tidur, kelelahan emosi subjek nampak pada stress yang dialami subjek. Depersonalisasi nampak pada kecenderungan sinisme terhadap pekerjaanya karena subjek merasa belum puas dengan kinerjanya. Aspek Reduced Personal Accomplishment nampak pada subjek yang merasa pesimis atas kemeapuanya dan kurang memiliki motivasi berbrestasi. Burnout pada setiap subjek dipengaruhi oleh faktor situasional dan individual. Dari kedua faktor tersebut, faktor individual yaitu demografi yang paling banyak mempengaruhi burnout pada subjek.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability (Pendidikan Khusus dan Disabilitas)
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: GETA WAHYU ABSARI
Date Deposited: 15 Dec 2023 03:25
Last Modified: 15 Dec 2023 03:25
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11228

Actions (login required)

View Item View Item