Strategi Promosi Word Of Mouth Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis (Studi Pada Ruang Cukur Barbershop Kepung Kediri)

Qibtiyah, Mariyatul (2023) Strategi Promosi Word Of Mouth Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis (Studi Pada Ruang Cukur Barbershop Kepung Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931313818_prabab.pdf

Download (470kB)
[img] Text
931313818_bab1.pdf

Download (534kB)
[img] Text
931313818_bab2.pdf

Download (517kB)
[img] Text
931313818_bab3.pdf

Download (182kB)
[img] Text
931313818_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (476kB)
[img] Text
931313818_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
931313818_bab6.pdf

Download (151kB)
[img] Text
931313818_daftarpustaka.pdf

Download (379kB)
[img] Text
931313818_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (211kB)

Abstract

Strategi promosi word of mouth merupakan proses komunikasi yang mencakup rekomendasi baik itu secara individu atau kelompok dengan tujuan untuk memberikan informasi secara personal mengenai suatu produk atau jasa perusahaan. Persaingan bisnis yang berarti suatu perusahaan yang menawarkan produk atau jasa usaha yang sama. Persaingan bisnis barbershop yang semakin ketat sehingga Ruang Cukur Barbershop Kepung melakan kegiatan promosi salah satunya menggunakan strategi promosi word of mouth agar mampu mempertahankan bisnisnya tetap eksis dan dikenal oleh masyarakat. Adapun tujuan penelitian ini antara lain (1) Untuk menjelaskan penerapan strategi promosi word of mouth pada Ruang Cukur Barbershop Kepung. (2) Untuk menjelaskan strategi promosi word of mouth dalam menghadapi persaingan bisnis pada Ruang Cukur Barbershop Kepung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Untuk teknik analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Dalam menjalankan usahanya owner Ruang Cukur Barbershop menggunakan strategi promosi word of mouth dengan melakukan promosi secara langsung kepada orang-orang terdekat seperti keluarga, kerabat, dan tetangga. Kemudian Ruang Cukur Barbershop melakukan kerjasama dengan Salon Naya Beauty untuk mempromosikan barbershop kepada pelanggan salon dengan memberikan loyalty card untuk diberikan kepada orang lain. Melalui promosi ini diharapkan informasi yang didapatkan calon pelanggan dari pelanggan yang sudah menggunakan jasa pelayanan Ruang Cukur Barbershop tertarik untuk datang dan melakukan pelayanan jasa. 2) Ada banyaknya pesaing dengan bisnis yang sama sehingga Ruang Cukur Barbershop perlu melakukan strategi promosi word of mouth dalam menghadapi persaingan. Strategi yang dilakukan Ruang Cukur Barbershop yaitu fokus untuk melakukan peningkatan kualitas pelayanan agar lebih baik lagi, menjaga loyalitas pelanggan, menjaga image positif Ruang Cukur Barbershop. Ruang Cukur Barbershop melakukan analisis pesaing berupa mengidentifikasi pesaing, tujuan, kekuatan dan kelemahan pesaing.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: MARIYATUL QIBTIYAH
Date Deposited: 15 Dec 2023 07:59
Last Modified: 15 Dec 2023 07:59
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11226

Actions (login required)

View Item View Item