Implementasi Etika Bisnis Islam Pada Perilaku Pedagang Pasar Tradisional Perspektif Muhammad Djakfar (Studi Kasus Pasar Mojo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri)

Puspa, Intan Andrea (2023) Implementasi Etika Bisnis Islam Pada Perilaku Pedagang Pasar Tradisional Perspektif Muhammad Djakfar (Studi Kasus Pasar Mojo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
934130119_prabab.pdf

Download (612kB)
[img] Text
934130119_bab1.pdf

Download (605kB)
[img] Text
934130119_bab2.pdf

Download (683kB)
[img] Text
934130119_bab3.pdf

Download (364kB)
[img] Text
934130119_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB)
[img] Text
934130119_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text
934130119_bab6.pdf

Download (263kB)
[img] Text
934130119_daftarpustaka.pdf

Download (368kB)
[img] Text
934130119_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi Intan Andrea.pdf

Download (273kB)

Abstract

INTAN ANDREA PUSPA, NIM 934130119. Dosen Pembimbing Moch. Zainuddin, MEI dan Akhmad Jazuli Afandi, Lc., M.Fil.I. “Implementasi Etika Bisnis Islam Pada Perilaku Pedagang Pasar Tradisional Perspektif Muhammad Djakfar (Studi Kasus Pasar Mojo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri)”. Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri. Kata Kunci: Etika Bisnis Islam, Perilaku Pedagang, Pasar Tradisional Pemahaman dan implementasi akan etika bisnis sangat penting untuk pedagang ketika berhubungan dengan pelanggan. Seorang pedagang muslim tidak boleh melakukan tindakan penyimpangan yang tidak sesuai dengan etika bisnis Islam yang dapat merusak mekanisme pasar. Perilaku menyimpang ini rawan terjadi di pasar tradisional karena rendahnya tingkat pendidikan dan pengetahuan pedagang. Seorang pedagang muslim hendaknya berdagang dengan cara yang jujur dan adil serta berpegang pada prinsip etika bisnis dalam Islam. Oleh karena itu, etika bisnis Islam sangat berperan dalam mengatur perilaku para pedagang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengekplorasi pemahaman dan perilaku pedagang pasar tradisional Mojo mengenai Etika Bisnis dan implementasi Etika Bisnis Islam perspektif Muhammad Djakfar oleh pedagang pasar tradisional Mojo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan lapangan (fields research). Dimana peneliti penelitian yang berhubungan langsung dengan obyek yang diteliti. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi, menyajikan, dan yang terakhir penarikan kesimpulan. Pada tahap terakhir yaitu pengecekan keabsahan data yang dilakukan oleh peneliti menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian besar pedagang di pasar tradisional Mojo telah mengimplementasikan prinsip etika bisnis sesuai ajaran Islam. Meskipun mereka tidak paham akan etika bisnis dalam Islam, tetapi dalam menjalankan kegiatan perdagangan mereka senantiasa sesuai dengan ajaran agama Islam dan tidak melakukan tindakan-tindakan yang dilarang dalam Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 14 ECONOMICS (Ekonomi) > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150301 Business Information Management (incl. Records, Knowledge and Information Management, and Intelligence)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Intan Adrea Puspa
Date Deposited: 15 Dec 2023 03:01
Last Modified: 15 Dec 2023 03:01
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11205

Actions (login required)

View Item View Item