Strategi Fundraising Dana Zakat Dalam Meningkatkan Loyalitas Donatur Pada Lembaga Manajemen Infaq (LMI) Cabang Nganjuk

NURAISAH, SITI (2019) Strategi Fundraising Dana Zakat Dalam Meningkatkan Loyalitas Donatur Pada Lembaga Manajemen Infaq (LMI) Cabang Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
Prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5 BAB I.pdf

Download (423kB)
[img] Text
6 BAB II.pdf

Download (495kB)
[img] Text
7 BAB III.pdf

Download (181kB)
[img] Text
8 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text
9 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
10 BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
11 Daftar Pustaka.pdf

Download (218kB)
[img] Text
12 Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[img] Text
13 Lampiran-lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sebuah organisasi, perusahaan, maupun lembaga yang dapat hidup karena adanya konsumen maupun pelanggan, mencari atau mempertahankan pelanggan merupakan sesuatu yang sangat sulit. Oleh karena itu sebuah organisasi, perusahaan maupun lembaga yang telah mendapatkan konsumen atau pelanggan yang telah diraihnya membutuhkan strategi dimana strtegi tersebut diharapkan mampu mencari, mempertahankan, serta meningkatkan loyalitas konsumen kepada perusahaan atau lembaga. Dalam hal ini, LMI cabang Nganjuk dalam menjaga bahkan meningkatkan loyalitas donatur adanya strategi fundraising(strategi penghimpunan) dana sangat penting. Karena mengingat LMI cabang Nganjuk merupakan lembaga sosial yang mengelola dana ZISWAF untuk kesejahteraan umat yang tidak mampu. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi fundraising dana zakat dalam meningkatkan loyalitas donatur pada LMI cabang Nganjuk, (2) Apa faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas donatur di LMI cabang Nganjuk. Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari karyawan LMI cabang Nganjuk dan donatur serta data tambahan berupa dokumen wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Tahap akhir dan analisis data adalah mengadakan pengecekan keabsahan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Adapun hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) strategi fundraising yang dilaksanakan LMI cabang Nganjuk dalam meningkatkan loyalitas donatur yaitu dengan cara: pertama, kemudahan donatur dalam penyaluran dana. Kedua, menjaga hubungan baik dengan donatur, dengan cara melakukan komunikasi yang baik kepada donatur baik secara langsung maupun tidak langsung. Dan ketiga, dengan adanya pelayanan prima. Salah satu bentuk dari pelayanan prima ini adalah dengan mendoakan donatur sebelum pulang. Selain itu penerapan empat prinsip kerja di LMI cabang Nganjuk sangat berpengaruh dalam meningkatkan loyalitas donatur. empat prinsip tersebut yaitu amanah, profesional, akuntabel, dan transparan. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas donatur di LMI cabang Nganjuk yaitu sebagai berikut: amanah, profesional, transparan, sukarela, program-program yang menarik, dan LMI sudah mempunyai nomor legalisasi badan hukum.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 06 Dec 2023 02:28
Last Modified: 06 Dec 2023 02:28
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/11083

Actions (login required)

View Item View Item