Rodhiyani, Shinfani (2019) Subjective Well-Being Orang Tua yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sunan Kalijaga Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
933404115-prabab.pdf Download (198kB) |
|
Text
933404115-BAB I.pdf Download (429kB) |
|
Text
933404115-BAB II.pdf Download (342kB) |
|
Text
933404115-BAB III.pdf Download (317kB) |
|
Text
933404115-BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (484kB) |
|
Text
933404115-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
|
Text
933404115-BAB VI.pdf Download (189kB) |
|
Text
933404115-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (386kB) |
|
Text
933404115-LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
Abstract
Tujuan hidup setiap individu adalah merasakan kesejahteraan dan kebahagiaan selama hidupnya. Kebahagiaan setiap individu dapat diperoleh dengan berbagai macam cara. Salah satunya dengan menikah. Dalam sebuah pernikahan, pasangan suami istri jelas menginginkan sebuah keturunan. Memiliki keturunan yang normal jelas menjadi tujuan pernikahan demi terwujudnya sebuah kebahagiaan. Namun, setiap orang tua tidak bisa mengatur kehendak tuhan jika ternyata yang dilahirkannya adalah anak berkebutuhan khusus. Orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus biasanya mengalami goncangan batin walau akhirnya dapat menerima. Penerimaan diri orang tua dan penguasaan lingkungannya menggambarkan bahwa orang tua tersebut merupakan salah satu implementasi evaluasi hidup yang positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana subjective well-being pada orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sunan Kalijaga Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek dalam penelitian ini merupakan tiga orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus di Pusat Kegiatan Belajar Mengajar Masyarakat (PKBM) Sunan Kalijaga Kediri. Teknik pengambilan data pada penelitian ini, menggunakan teknik wawancara semi terstruktur, observasi tak berstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ketiga subjek telah merasakan kebahagiaan dan subjective well-being yang positif meskipun dengan kondisi kehidupan dan keadaan anaknya yang memiliki kekurangan. Hal tersebut diungkapkan melalui enam aspek yang ada dalam subjective well-being dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Kebahagiaan yang dirasakan oleh ketiga subjek merupakan implementasi dari rasa syukur dan enam aspek subjective wellbeing yang mereka terapkan dalam kehidupan. Sehingga ketiga subjek tersebut dapat menerima dan memahami kondisi anak-anaknya dengan segala macam konsekwensi.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam |
Depositing User: | Muh Hamim |
Date Deposited: | 16 Mar 2020 02:18 |
Last Modified: | 16 Mar 2020 02:18 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/1097 |
Actions (login required)
View Item |