Risa, Risa (2023) Penerapan Sistem Full Day School Dalam Pengembangan Pendidikan Karakter Religius Peserta Didik Di SD Plus Ar Rahman Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932613419_prabab.pdf Download (1MB) |
|
Text
932613419_bab1.pdf Download (559kB) |
|
Text
932613419_bab2.pdf Download (450kB) |
|
Text
932613419_bab3.pdf Download (450kB) |
|
Text
932613419_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (701kB) |
|
Text
932613419_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
|
Text
932613419_bab6.pdf Download (323kB) |
|
Text
932613419_daftarpustaka.pdf Download (432kB) |
|
Text
932613419_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK RISA: 932613419, Penerapan Sistem Full Day School dalam Pengembangan Pendidikan Karakter Religius di SD Plus Ar Rahman Kediri. Dosen Pembimbing I, MOH. ZAINAL FANANI, M.Pd. Pembimbing II, SHEILA FAKHRIA, M.H. : Fakultas Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, 2023. Kata kunci : Full Day School, Pendidikan, Karakter Religius. Untuk mencapai pendidikan khususnya pada pendidikan karakter yang baik, tidak terlepas dari peran guru dan kepala sekolah. Sebagai pendidik disekolah, guru dan kepala sekolah memiliki sejumlah tugas dan tanggung jawab yang cukup berat. Oleh karena itu, keberadaan para guru memegang peran penting dalam berjalannya roda pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pelaksanaan sistem full day school dalam pengembangan pendidikan karakter religius peserta didik di SD Plus Ar Rahman Kediri. 2) Untuk mengetahui pendidikan karakter religius peserta didik di SD Plus Ar Rahman Kediri dalam aspek keimanan, ibadah, dan akhlak. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data didapatkan melaui wawancara oleh peneliti kepada Kepala Sekolah, Guru, dan Siswa. Wawancara kepada Kepala Sekolah, 4 guru meliputi 1 guru PAI dan 3 guru Wali Kelas,dan 3 siswa kelas bawah serta 3 siswa kelas atas di SD Plus Ar Rahman Kediri, data didapat melalui wawancara penerapan sistem full day school, dan wawancara pengembangan pendidikan karakter religius siswa. Terdapat 2 variabel yaitu sistem full day school, dan pengembangan pendidikan karakter religius peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan datang ke sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan sistem full day school dalam pengembangan pendidikan karakter religius peserta didik SD Plus Ar Rahman Kediri meliputi melaksanakan tujuan dan visi dalam sistem full day school, melakukan kegiatan rutin dengan sistem full day school, melakukan kegiatan ekstrakurikuler sistem full day school. 2) Melaksanakan pendidikan karakter religius peserta didik di SD Plus Ar Rahman Kediri melalui sistem full day school dalam aspek keimanan, ibadah, dan akhlak diantaranya menanamkan iman kepada Allah SWT, meningkatkan pembiasaan dalam beribadah, dan pendidikan akhlak baik siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) 18 LAW AND LEGAL STUDIES (Ilmu Hukum) > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Risa Risa |
Date Deposited: | 18 Dec 2023 04:25 |
Last Modified: | 18 Dec 2023 04:25 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10959 |
Actions (login required)
View Item |