Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Regulasi Emosi Pada Remaja Awa Dengan Orang Tua Bercerai Di SMK Al-Huda Kediri

Andriani, Lilis Tri (2023) Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Regulasi Emosi Pada Remaja Awa Dengan Orang Tua Bercerai Di SMK Al-Huda Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933420518_pra-bab.pdf

Download (735kB)
[img] Text
933420518 (BAB1).pdf

Download (213kB)
[img] Text
933420518 (BAB 2).pdf

Download (303kB)
[img] Text
933420518 (BAB 3).pdf

Download (270kB)
[img] Text
933420518 (BAB 4).pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB)
[img] Text
933420518 BAB 5).pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
933420518 (BAB 6).pdf

Download (16kB)
[img] Text
933420518_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)

Abstract

ANDRIANI, LILIS Dosen Pembimbing Dr.ROBINGATUN,M.Pd.I dan TATIK IMADATUS SA’ADATI,M.Psi.,Psikolog. Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Regulasi Emosi pada Remaja Awal dengan Orang Tua Bercerai di SMK Al-Huda Kediri. Skripsi Program studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri, 2023. Kata Kunci : Dukungan sosial, Regulasi Emosi, Remaja Penelitian ini dilatarbelakangi dari beberapa jumlah anak korban perceraian orang tua di SMK AL-Huda Kediri. anak pada korban perceraian orang tua biasanya memiliki regulasi emosi yang cenderung lebih rendah dibandingkan dengan anak tanpa percerian orang tua. Hal ini dikarenakan perceraian orang tua sedikit atau banyak memiliki dampak kepada semua pihak, tidak terkecuali kepada anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat dukungan sosial dan regulasi emosi pada anak serta megetahui pengaruh dukungan sosial terhadap regulasi emosi pada remaja awal dengan orang tua bercerai di SMK Al-Huda Kediri. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian terdiri dari 36 siswa dengan orang tua bercerai di SMK Al-Huda Kediri. Instrumen penelitian menggunakan skala regulasi emosi dan skala dukungan sosial. Teknik analisis data SPSS menggunakan uji instrumen yang terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik dengan uji normalitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik deskriptif, uji regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi, dan uji t. Hasil penelitian didapatkan tingkat regulasi emosi siswa pada anak dengan orang tua bercerai dengan kategori sangat tinggi sebesar 8,3%, tinggi 22,2%, sedang 30,6%, rendah 33,3% dan sangat rendah 5,6%. Tingkat dukungan sosial pada anak dengan orang tua bercerai dengan kategori sangat tinggi 5,6%, tinggi 30,6%, sedang 30,6%, rendah 27,8% dan sangat rendah 5,6%. Berdasarkan hasil uji siginifikansi didapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara dukungan sosial (X) terhadap regulasi emosi (Y) pada remaja awal dengan orang tua bercerai di SMK AlHuda Kota Kediri. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Dukungan sosial pada remaja awal dengan orang tua bercerai di SMK Al-Huda Kediri tergolong tinggi, hal ini dibuktikan dengan nilai rerata hasil skala yang diisi oleh responden sebesar 130,28 yang artinya masuk dalam kategori sedang. Dukungan sosial yang diterima oleh siswa tidak hanya berasal dari keluarga, tetapi juga dari lingkungan dan orang sekitar. Regulasi emosi pada remaja awal dengan orang tua bercerai di SMK AlHuda Kediri tergolong sedang, hal ini dibuktikan dengan nilai rerata hasil skala yang diisi oleh responden sebesar 148,5 yang masuk dalam kategori sedang. Dukungan sosial berpengaruh sangat nyata terhadap regulasi emosi remaja awal dengan orang tua bercerai di SMK Al-Huda Kediri. Adapun besaran pengaruh dukungan sosial terhadap regulasi emosi sebesar 78,7%. Hasil ini juga dapat di artikan bahwa semakin tinggi tingkat dukungan sosial yang didapatkan oleh siswa dari keluarga dan orang-orang sekitar, maka akan mempengaruhi tingkat regulasi emosi siswa mejadi semakin tinggi pula.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170102 Developmental Psychology and Ageing
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: LILIS TRI ANDRIANI
Date Deposited: 28 Nov 2023 03:29
Last Modified: 28 Nov 2023 03:29
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10950

Actions (login required)

View Item View Item