Strategi Word Of Mouth (WOM) Pada Pembiayaan Multi Jasa Barokah (MJB) Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Di KSPPS BMT UGT Nusantara Cabang Jombang

Sari, Ladia Ayu Sekar (2023) Strategi Word Of Mouth (WOM) Pada Pembiayaan Multi Jasa Barokah (MJB) Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Di KSPPS BMT UGT Nusantara Cabang Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
934200319_prabab.pdf

Download (313kB)
[img] Text
934200319_bab1.pdf

Download (366kB)
[img] Text
934200319_bab2.pdf

Download (245kB)
[img] Text
934200319_bab3.pdf

Download (127kB)
[img] Text
934200319_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
934200319_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img] Text
934200319_bab6.pdf

Download (10kB)
[img] Text
934200319_daftarpustaka.pdf

Download (220kB)
[img] Text
934200319_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)
[img] Text
934200319_surat pernyataan publikasi.pdf

Download (229kB)

Abstract

Ladia Ayu Sekar Sari, Dosen Pembimbing Rofik Efendi, S.Kom., MM dan Mundhori, ME. Strategi Word Of Mouth (WOM) Pada Pembiayaan Multi Jasa Barokah (MJB) Dalam Meningkatkan Jumlah Anggota Di KSPPS BMT UGT Nusantara Cabang Jombang. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Kediri, 2023. Kata kunci: Strategi, Word Of Mouth, Pembiayaan Multi Jasa Barokah, Peningkatan Jumlah Anggota Word of mouth merupakan strategi marketing dalam bentuk rekomendasi dari orang lain yang dapat mempengaruhi seseorang dalam memutuskan penggunaan suatu produk atau jasa. Terdapat peningkatan jumlah anggota pembiayaan MJB di BMT UGT adanya penerapan dari strategi word of mouth. Fokus penelitian (1) Bagaimana strategi word of mouth pada pembiayaan multi jasa barokah di KSPPS BMT UGT Nusantara Cabang Jombang?, (2) Bagaimana strategi word of mouth pada pembiayaan multi jasa barokah dalam meningkatkan jumlah anggota di KSPPS BMT UGT Nusantara Cabang Jombang?. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang diperoleh data primer dan data sekunder. Uji keabsahan data dengan uji kredibilitas dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi sumber, waktu, dan teknik. Analisis data dengan cara reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan jumlah anggota MJB dari tahun 2018-2022. Peningkatan jumlah anggota hasil diterapkannya strategi word of mouth. (1) Strategi WOM pada pembiayaan multi jasa barokah di KSPPS BMT UGT Nusantara Cabang Jombang berjalan secara alami dan direncanakan dengan melibatkan AO dan anggota pembiayaan MJB yaitu dengan memasarkan produk pada pihak yang berpengaruh dalam komunitas, memberi pelayanan terbaik sampai menimbulkan rasa kepuasan pada anggota pembiayaan, dan membuat cara unik dan menarik melalui WOM. AO mendatangi anggota pembiayaan MJB saat penarikan pinjaman agar membantu merekomendasikan dengan menawarkan produk yang beragam, namun ada yang berasal dari kemauan anggota sendiri karena adanya tingkat kepuasan. Hal ini sejalan dengan indikator word of mouth yaitu 3 indikator dari Babin (adanya kemauan, rekomendasi, dan dorongan) dan 5 indikator dari Sernovitz (adanya pembicara, topik, alat, partisipasi, dan pengawasan). (2) Strategi word of mouth pada pembiayaan multi jasa barokah untuk meningkatkan jumlah anggota MJB di KSPPS BMT UGT Nusantara Cabang Jombang dengan adanya rekomendasi yang positif dari anggota MJB dan penawaran produk yang beragam. Banyak anggota baru yang mengajukan pembiayaan karena rekomendasi dari anggota MJB. Peningkatan jumlah anggota pembiayaan multi jasa barokah yaitu tahun 2018 (90 anggota), tahun 2019 (110 anggota), tahun 2020 (300 anggota), tahun 2021 (310 anggota), dan tahun 2022 (350 anggota).

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Ladia Ayu Sekar Sari
Date Deposited: 04 Dec 2023 03:04
Last Modified: 04 Dec 2023 03:04
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10923

Actions (login required)

View Item View Item