Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Merchandise (Studi Pada Komunitas BTS Surabaya)

Nurhayati, Ratna (2023) Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Merchandise (Studi Pada Komunitas BTS Surabaya). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
931302117_prabab.pdf

Download (990kB)
[img] Text
931302117_bab1.pdf

Download (457kB)
[img] Text
931302117_bab2.pdf

Download (783kB)
[img] Text
931302117_bab3.pdf

Download (559kB)
[img] Text
931302117_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[img] Text
931302117_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
931302117_bab6.pdf

Download (195kB)
[img] Text
931302117_daftar_pustaka.pdf

Download (416kB)
[img] Text
931302117_sp.pdf

Download (407kB)

Abstract

Merchandise adalah barang atau pernak-pernik tidak hanya sebagai pernak-pernik belaka, tetapi juga dapat sebagai identitas darimana kelompok penggemar itu berasal yang memiliki tema atau konsep khusus dimana tema tersebut disesuaikan dengan artis yang bersangkutan. Merchandise dalam kpop sangat beragam jenisnya. Mulai dari, kaos, jaket, gantungan kunci, phone case, sticker, handfan, lightstick, photocard dan lain sebagainya. Saat ini merchandise tidak hanya dijual ketika ada perhelatan saja tetapi juga ketika perayaan sesuau. Seperti saat ulang tahun grup, ulang tahun anggota dari grup tersebut, hari natal, tahun baru dan sebagainya. Mengoleksi merchandise sudah menjadi tren dikalangan kpopers. Tidak hanya sebagai pernak-pernik belaka, merchandise juga dapat sebagai identitas darimana kelompok penggemar itu berasal. Jenis merchandise yang beragam, konsep yang menarik serta didukung oleh sifat fanatisme terhadap artis kpop tersebut membuat para penggemar rela untuk meregoh uang lebih demi bisa mendapatkan barang yang diinginkan. Metode yang dipakai pada peneltian ini adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan sampel jenuh, yaitu teknik pengambilan sampel dengan menggunakan seluruh populasi sebagai sampel. Pada penelitian populasinya adalah anggota komunitas BTS Surabaya yang berjumlah 158 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antara variabel gaya hidup dan variabel keputusan pembelian memilki tingkat korelasi sebesar 0,69 artinya memiliki tingkat korelasi yang tinggi. Pada uji korelasi berganda diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000. Dari analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 12,118 + 0,753X. Sedangkan nilai determinasi diperoleh 0,476, yang berarti bahwa pengaruh gaya hidup pada keputusan pembelian merchandise BTS adalah sebesar 47,6%. Sedangkan sisanya sebesar 52,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1503 Business and Management > 150305 Human Resources Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: RATNA NURHAYATI
Date Deposited: 21 Nov 2023 06:14
Last Modified: 08 Dec 2023 02:48
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10894

Actions (login required)

View Item View Item