PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI HIDAYATUS SHOLIHIN TURUS GURAH KEDIRI

Afitri, Dwi Nurul (2023) PENGARUH LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI HIDAYATUS SHOLIHIN TURUS GURAH KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932602119_prabab.pdf

Download (826kB)
[img] Text
932602119_bab1.pdf

Download (339kB)
[img] Text
932602119_bab2.pdf

Download (333kB)
[img] Text
932602119_bab3.pdf

Download (529kB)
[img] Text
932602119_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text
932602119_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
932602119_bab6.pdf

Download (292kB)
[img] Text
932602119_daftarpustaka.pdf

Download (311kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi dwi nurul.pdf

Download (167kB)

Abstract

Tanggung jawab peserta didik didalam sekolah ataupun diluar sekolah merupakan hal yang harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. Namun terkadang faktor lingkungan teman sebaya yang kurang mendukung menjadi salah satu penghambat tanggung jawab itu sendiri. Penelitian ini berlokasi di MI Hidayatus Sholihin Turus Gurah. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengungkapkan tingkat lingkungan teman sebaya di MI Hidayatus Sholihin Turus, (2) Mengungkapkan tingkat karakter tanggung jawab di MI Hidayatus Sholihin Turus, (3) Mengungkapkan adanya pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap pembentukan karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan deduktif-induktif dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana serta jenis penelitiannya adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Hidayatus Sholihin Turus Gurah yang berjumlah 75 peserta didik yang mana juga digunakan sebagai sampel. Lokasi penelitian ini di MI Hidayatus Sholihin Turus Gurah. Teknik pengumpulan data menggunakan angket berupa kuesioner dari indikator lingkungan teman sebaya, indikator tanggung jawab, dokumentasi serta wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu Uji T, Uji F, dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tingkat lingkungan teman sebaya peserta didik (X) kelas IV MI Hidayatus Sholihin Turus dijumlahkan dari keseluruhan indikator terletak pada klasifikasi sedang dengan rata-rata 44,57. (2) Tingkat Tanggung jawab (Y) kelas IV MI Hidayatus Sholihin Turus dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 44,45. (3) Adanya pengaruh lingkungan teman sebaya (X) terhadap pembentukan karakter tanggung jawab (Y) kelas IV MI Hidayatus Sholihin Turus dengan presentase 48,7%, sedangkan sisanya 51,3% dipengaruhi oleh variabel diluar persamaan regresi ini. Dan dalam uji F diketahui nilai signifikansi untuk pengaruh X terhadap Y adalah sebesar 0,00 < 0,05 dan nilai Fhitung 69,257 > 3,97. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak, yang artinya terdapat pengaruh variabel lingkungan teman sebaya terhadap pembentukan karakter tanggung jawab peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling (Konseling Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dwi Nurul Afitri
Date Deposited: 20 Nov 2023 02:42
Last Modified: 20 Nov 2023 02:42
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10880

Actions (login required)

View Item View Item