Sanjaya, Edi (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Kreativitas Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Mata Pelajaran PAI Di SMAN 7 Kota Kediri Pada Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932136217_PRABAB.pdf Download (1MB) |
|
Text
932136217_BAB_1.pdf Download (158kB) |
|
Text
932136217_BAB_2.pdf Download (230kB) |
|
Text
932136217_BAB_3.pdf Download (134kB) |
|
Text
932136217_BAB_4.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) |
|
Text
932136217_BAB_5.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) |
|
Text
932136217_BAB 6.pdf Download (49kB) |
|
Text
932136217_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (117kB) |
|
Text
surat pernyataan.pdf Download (436kB) |
Abstract
Di Indonesia pengimplementasian kurikulum telah mengalami berbagai perubahan dan penyempurnaan. Pada Jumat, 11 Februari 2022, Nadiem Makarim selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) telah meresmikan Kurikulum Merdeka yang bersifat fleksibel, berfokus pada materi mendasar dan pengembangan karakter, serta kompetensi siswa. Dalam kurikulum merdeka guru di berikan kebebasan dalam mengembangkan kreativitas dalam melakukan proses pembelajaran sehingga guru dapat menilai dan mengevaluasi apakah dengan metode yang dia ajar sudah efisien atau sebaliknya. SMA Negeri 7 Kediri atau lebih dikenal oleh banyak kalangan dengan nama SMAPTA atau SMAN SAPTA adalah salah satu sekolah Menengah Atas yang berkedudukan di Kota Kediri. Pada tahun ajaran 2022/2023, SMAN 7 Kota Kediri telah menerapkan kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka belajar. Maka dari itu peneliti melaksanakan penelitian dengan fokus penelitian: (1) Bagaimana Implementasi Kurikulum merdeka belajar di SMA NEGERI 7 Kota Kediri pada tahun ajaran 2022/2023? (2) Bagaimana kreativitas guru PAI di SMAN 7 Kota Kediri semenjak penerapan kurikulum merdeka belajar diterapkan? Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian yaitu Wakil Kepala bid. Kurikulum, Guru mapel PAI dan siswa-siswi SMAN 7 Kota Kediri. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi yang berupa triangulasi sumber, triangulasi waktu dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Dalam pengimplemetasian kurikulum merdeka belajar di SMAN 7 Kota Kediri pada tahun ajaran 2022/2023 hanya di laksanakan pada fase F yaitu pada kelas X. Yang di mana pada pengimplementasian kurikulum merdeka itu terdiri dari 3 tahapan penting yaitu tahapan persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada Implementasi kurikulum merdeka di SMAN 7 Kota Kediri. Tema Projek ditentukan sesuai hasil koordinasi dengan stakeholder sekolah dengan mempertimbangkan kondisi sekolah baik kondisi fisik maupun non fisik, termasuk sumber daya sekolah. (2) Dalam pengimplementasian kurikulum merdeka belajar di SMAN 7 Kota Kediri ini merupakan langkah yang tepat dan memiliki pengaruh yang besar dalam meningkatkan kreativitas guru. Karena kurikulum merdeka belajar merupakan kurikulum yang bersifat fleksibel, yang di mana guru di berikan keleluasaan dalam menggunakan dan menerapkan metode ajar yang akan di gunakan yang di mana semua itu berdasarkan pada kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Sehingga guru lebih dapat memahami kebutuhan peserta didik dan juga guru lebih bebas berkreasi dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Edi Sanjaya |
Date Deposited: | 17 Nov 2023 06:58 |
Last Modified: | 17 Nov 2023 06:58 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10862 |
Actions (login required)
View Item |