Arifah, Putri Zahrotul (2023) Manajemen Pemasaran Online Dalam Meningkatkan Penjualan Ditinjau Dari Marketing Syariah (studi pada usaha Cokelat Turqy di Desa Banjarwati, Kecamatan Paciran, kabupaten Lamongan). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
934135519_Prabab.pdf Download (904kB) |
|
Text
934135519_Bab1.pdf Download (275kB) |
|
Text
934135519_Bab2.pdf Download (240kB) |
|
Text
934135519_Bab3.pdf Download (140kB) |
|
Text
934135519_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) |
|
Text
934135519_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
|
Text
934135519_Bab6.pdf Download (54kB) |
|
Text
934135519_Daftar_Pustaka.pdf Download (92kB) |
|
Text
934135519_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
934135519_Surat_Pernyataan.pdf Download (150kB) |
Abstract
Kata Kunci: Manajemen Pemasaran Online, Peningkatan Penjualan, Marketing Syariah Manajemen pemasaran memiliki peran penting dalam menjalankan suatu usaha, karena dengan adanya manajemen maka segala aktivitas bisnis dapat terarah dengan baik sehingga dapat mencapai tujuan perusahaan. Seiring dengan kemajuan teknologi kini pemasaran online juga semakin berkembang pesat, dan para pelaku usaha mulai beralih menggunakan strategi pemasaran online untuk mempertahankan usahanya. Salah satunya usaha Cokelat Turqy yang merupakan bisnis perdagangan yang bergerak dibidang makanan. Awal mulai bisnis sejak tahun 2014 dengan menerapkan sistem pemasaran online. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen pemasaran online yang diterapkan usaha Cokelat Turqy dalam meningkatkan penjualannya ditinjau dari marketing syariah. Adapun jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan pemilik usaha, karyawan dan pelanggan. Sumber data sekunder diperoleh melalui buku, jurnal maupun dokumentasi perusahaan. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui proses kedalaman pengamatan dan teknik triangulasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pada usaha Cokelat Turqy telah menerapkan fungsi manajemen dalam kegiatan pemasaran online, mulai dari proses perencanaan hingga pengawasan. Sedangkan pemasaran online yang diterapkan usaha Cokelat Turqy untuk peningkatan penjualannya menggunakan 2 konsep pemasaran online yaitu social media marketing (SMM) dan content marketing. SMM yang diterapkan yaitu dengan melakukan promosi melalui media Facebook, Instagram, dan WhatsApp Business. Namun untuk kegiatan pemasaran di Instagram masih belum berjalan secara maksimal. Sedangkan Content marketing yang diterapkan yaitu berupa vidio produk, vidio kegiatan produksi, foto produk serta poster produk yang kemudian diunggah di sosial media sebagai bahan promosi. Selain itu upaya lain yang dilakukan pemilik usaha untuk peningkatan penjualannya yaitu dengan terus melakukan inovasi dengan menambah varian produk baru dan memperbaiki produk lama sehingga memperoleh kenaikan penjualan yang signifikan dari tahun 2019-2022. Tinjauan marketing syariah pada usaha Cokelat Turqy sudah sesuai dengan marketing syariah yaitu menerapkan sikap jujur, adil dan tidak menimbulkan hal-hal yang dapat merugikan orang lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Putri Zahrotul Arifah |
Date Deposited: | 17 Nov 2023 08:22 |
Last Modified: | 17 Nov 2023 08:22 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10849 |
Actions (login required)
View Item |