Hubungan Antara Goal Setting Dan Motivasi Belajar Dengan Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Semester Akhir Prodi Psikologi Islam IAIN Kediri

Wahyuni, Risky Ananda (2023) Hubungan Antara Goal Setting Dan Motivasi Belajar Dengan Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Semester Akhir Prodi Psikologi Islam IAIN Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933404219_prabab.pdf

Download (636kB)
[img] Text
933404219_bab1.pdf

Download (194kB)
[img] Text
933404219_bab2.pdf

Download (230kB)
[img] Text
933404219_bab3.pdf

Download (185kB)
[img] Text
933404219_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
933404219_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text
933404219_bab6.pdf

Download (108kB)
[img] Text
933404219_daftarpustaka.pdf

Download (130kB)
[img] Text
2023_11_13_15_16_19.pdf

Download (339kB)

Abstract

Self regulated learning merupakan proses belajar yang dilakukan secara mandiri dimana individu memiliki pemahaman serta keterampilan dalam mengatur diri secara metakognisi, motivasi, dan perilaku. Individu menjadi pengatur bagi kegiatan belajarnya sendiri serta menentukan target untuk diri mereka sendiri, mengevaluasi diri ketika telah berhasil mencapai target tersebut. Dalam self regulated learning dibutuhkan adanya sebuah tujuan dalam mencapai target belajar. Dalam hal ini peran goal setting amat dibutuhkan, Goal setting merupakan sebuah usaha individu dalam menyusun langkah yang bertujuan untuk mencapai hasil sesuai yang diharapkan. Dengan menetapkan goal setting mahasiswa dapat mengarahkan perhatian mereka pada tanggung jawab belajarnya, meningkatkan keterlibatan diri dalam kegiatan belajar, dan meningkatkan fokus. Selain itu motivasi belajar juga memiliki peran dalam self regulated learning, dimana motivasi berperan sebagai pendorong mereka dalam proses belajar dan pendorong dalam meraih tujuan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Hubungan antara goal setting dan self regulated learning; 2) Hubungan antara motivasi belajar dan self regulated learning; dan 3) Hubungan yang terjadi diantara goal setting dan motivasi belajar dengan self regulated learning pada mahasiswa Psikologi Islam IAIN Kediri Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 201 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 67 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah menggunakan teknik accidental sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah 1) skala goal setting yang disusun berdasarkan teori Edwin Locke, 2) skala motivasi yang disusun berdasarkan teori Abraham Maslow, 2) skala self regulated learning yang disusun berdasarkan teori Zimmerman. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linier berganda untuk mengetahui hubungan antar variabel. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil bahwa 1) Terdapat hubungan yang positif antara goal setting dengan self regulated learning dengan nilai signifikansi 0.000<0.05 oleh karena itu Ha diterima sehingga terdapat hubungan antara goal setting dengan sef regulated learning 2) Terdapat hubungan yang positif antara motivasi belajar dengan self regulated learning dengan nilai signifikansi 0.000<0.05 oleh karena itu Ha diterima sehingga terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan self regulated learning 3) Terdapat hubungan positif antara goal setting dan motivasi belajar dengan self regulated learning dengan nilai sig. F Change sebesar 0.000<0.005 oleh karena itu Ha diterima sehingga terdapat hubungan antara goal setting dan motivasi belajar dengan sef regulated learning.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education (Pendidikan Tinggi)
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Risky Ananda Wahyuni
Date Deposited: 13 Nov 2023 08:16
Last Modified: 13 Nov 2023 08:16
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10769

Actions (login required)

View Item View Item