Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual Pada Materi Matriks Beserta Scaffoldingnya Di Kelas XI SMAN 1 Loceret

Hayya, Aqiella Putri (2023) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual Pada Materi Matriks Beserta Scaffoldingnya Di Kelas XI SMAN 1 Loceret. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932301119_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932301119_bab1.pdf

Download (619kB)
[img] Text
932301119_bab2.pdf

Download (724kB)
[img] Text
932301119_bab3.pdf

Download (702kB)
[img] Text
932301119_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
932301119_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
932301119_bab6.pdf

Download (316kB)
[img] Text
932301119_daftarpustaka.pdf

Download (438kB)
[img] Text
932301119_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK AQIELLA PUTRI HAYYA, Dosen pembimbing Dwi Shinta Rahayu, M.Pd. dan Erni Septianawati, S.Pd, M.Sc., Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual pada Materi Matriks Beserta Scaffoldingnya di Kelas XI SMAN 1 Loceret, Skripsi, Program Studi Tadri Matematika, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri 2023 Kata Kunci: Kontekstual, Scaffolding, Matriks Matematika merupakan hal yang penting untuk dikuasai oleh siswa. Siswa dituntut dapat memahami konsep matematika dan dapat menyelesaikan soal dan masalah dengan matematika. Namun hingga saat ini, masih banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal kontekstual, khususnya pada materi matriks. Hal serupa juga terjadi pada siswa kelas XI di SMAN 1 Loceret. Dengan hal tersebut perlu adanya tindakan bantuan berupa scaffolding. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bentuk kesalahan siswa SMAN 1 Loceret kelas XI dalam menyelesaikan soal kontekstual pada materi matriks, serta menentukan bentuk scaffolding yang sesuai. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 LOCERET. Subjek pada penelitian ini adalah 25 siswa kelas XI-IPS 3. Teknik pengambilan data penelitian ini yaitu tes tertulis dan wawacara dengan instrumen tertulis berupa 3 buah soal dan pedoman wawancara. Analisi data melalui 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan yang dilakukan siswa meliputi kesalahan fakta 18%, kesalahan konsep 40%, kesalahan prinsip 19%, dan kesalahan operasi 23%. Bentuk scaffolding yang diberikan adalah bentuk interaksi langsung oleh peneliti dengan siswa yaitu level 2 (reviewing, explaining, and restructuring) untuk mengatasi kesalahan fakta, konsep, prinsip, operasi serta level 3 (developing conceptual thinking) untuk mengatasi masalah kesalahan operasi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Aqiella Putri Hayya
Date Deposited: 07 Nov 2023 06:58
Last Modified: 07 Nov 2023 06:58
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10704

Actions (login required)

View Item View Item