Sari, Veftin Nurita (2023) Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 MI Darul Hidayah Sambiroto Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932610719_prabab.pdf Download (427kB) |
|
Text
932610719_bab1.pdf Download (168kB) |
|
Text
932610719_bab2.pdf Download (165kB) |
|
Text
932610719_bab3.pdf Download (151kB) |
|
Text
932610719_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (620kB) |
|
Text
932610719_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (83kB) |
|
Text
932610719_bab6.pdf Download (12kB) |
|
Text
932610719_daftarpustaka.pdf Download (136kB) |
|
Text
932610719_suratpernyatan.pdf Download (85kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang terjadi di MI Darul Hidayah Sambiroto yaitu masih banyak siswa yang belum lancar membaca. Berdasarkan wawancara pada saat studi pendahuluan, guru mempunyai strategi khusus untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Guru mempunyai inisiatif dengan menggunakan media untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Hal ini yang menarik minat peneliti untuk melakukan penelitian dengan fokus: 1) Bagaimana kemampuan membaca siswa kelas 1 MI Darul Hidayah Sambiroto Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto? dan 2) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 MI Darul Hidayah Sambiroto Kecamatan Sooko Kabupaten Mojokerto? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data berupa triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan peningkatan ketekunan. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikankesimpulan. Dari hasil penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 di MI Darul Hidayah Sambiroto Mojokerto masih rendah. Dari 23 siswa terdapat 21 anak yang lancar membaca, ada 2 anak yang belum lancar membaca meliputi membacanya masih terbata-bata, belum bisa merangkai kata-kata, dan kurang konsentrasi masih terbawa oleh kondisi saat TK dan 2) Strategi guru dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas 1 di MI Darul Hidayah Sambiroto Mojokerto yaitu dengan menggunakan media kartu huruf. Media kartu huruf adalah media yang dalam penggunaannya terdapat sejumlah kartu yang digunakan sebagai alat bantu untuk meningkatkan kemampuan belajar membaca anak di Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators (Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesional Pendidik) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Veftin Nurita Sari |
Date Deposited: | 02 Nov 2023 08:33 |
Last Modified: | 02 Nov 2023 08:33 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10673 |
Actions (login required)
View Item |