Kebersyukuran Ibu Yang Memiliki Anak Tunagrahita Di SLB Dharma Putra Daha Desa Turus Kecamatan Gurah

SARI, WULAN (2019) Kebersyukuran Ibu Yang Memiliki Anak Tunagrahita Di SLB Dharma Putra Daha Desa Turus Kecamatan Gurah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933406415 COVER.pdf

Download (57kB)
[img] Text
933406415 PRA BAB.pdf

Download (632kB)
[img] Text
933406415 BAB I-III.pdf

Download (312kB)
[img] Text
933406415 BAB IV-V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text
933406415 BAB VI - DP.pdf

Download (169kB)

Abstract

Anak yang terlahir sempurna merupakan harapan dan dambaan semua Ibu, tetapi ketika ibu melihat anaknya lahir atau tumbuh memiliki kekurangan akan memunculkan reaksi yang berbeda-beda. Ibu dari anak berkebutuhan khusus lebih banyak menghadapi tantangan , stigma dan stress dibandingkan ibu dari anak normal. Berbagai tantangan sering dihadapi oleh ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus diantaranya tidak dimengerti, ditinggalkan sendiri, kurangnya kesadaran masyarakat terhadap anak berkebutuhan khusus, harus berjuang untuk mendapatkan penerimaan, dan kebutuhan untuk merawat diri sendiri diantara banyaknya waktu yang dihabiskan untuk mengurus anak. Penerimaan orangtua merupakan wujud kebersyukuran orangtua dalam menerima keberadaan anak berkebutuhan khusus, sehingga Ibu akan memberikan pelayanan yang terbaik bagi anaknya. Tujuan dalam penlitian ini adalah untuk mengetahui proses ibu dalam mencapai kebersyukuran, gambaran kebersyukuran ibu, dan faktor-faktor yang mendorong munculnya kebersyukuran pada ibu yang memiliki anak tunagrahita. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Data diperoleh dengan cara obeservasi non partisipan, wawancara terbuka dan dokumentasi dengan jumlah informan enam ibu dengan kriteria seorang ibu yang memiliki anak tunagrahita di SLB Dharma Putra Daha Turus Gurah, berusia 25-40 tahun. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa empat cara dalam mencapai proses kebersyukuran pada ibu sebesar 100% untuk tiga cara dan 33,3% untuk satu cara yang diaplikasikan oleh subjek. Gambaran kebersyukuran pada ibu menunjukkan bahwa dengan bersyukur ibu lebih menyadari bahwa anak merupakan pemberian Allah, mampu menerima anak tunagrahita dan memberikan layanan yang terbaik untuk anaknya. Terdapat faktor lain yang mendorong kebersyukuran ibu, yaitu dukungan keluarga dan dukungan lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 24 Oct 2023 04:12
Last Modified: 24 Oct 2023 04:12
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10562

Actions (login required)

View Item View Item