Pengembangan media pembelajaran Pop-up book megabima (materi gaya berbasis animasi) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV MIN 1 Kota Kediri

Safitri, Aisyah Sukma (2023) Pengembangan media pembelajaran Pop-up book megabima (materi gaya berbasis animasi) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV MIN 1 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932610419_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932610419_bab1.pdf

Download (302kB)
[img] Text
932610419_bab2.pdf

Download (292kB)
[img] Text
932610419_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text
932610419_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
932610419_bab5.docx

Download (30kB)
[img] Text
932610419_daftarpustaka.pdf

Download (185kB)

Abstract

Pengembangan media pembelajaran Pop-Up Book Megabima (Materi Gaya Berbasis Animasi) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) khususnya materi gaya dan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari merupakan sebuah sarana guna meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IVC MIN 1 Kota Kediri. Penelitian dan pengembangan ini menanggapi dari permasalahan dalam pembelajaran yang monoton, masih minim penggunaan media pembelajaran, penangkapan materi yang kurang maksimal dan kelas kurang kondusif. Dengan pengembangan media pembelajaran ini, diharapkan siswa dapat lebih mudah dan kondusif dalam mempelajari materi gaya dan manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Pengembangan media pembelajaran Pop-Up Book Megabima untuk siswa kelas IVC MIN 1 Kota Kediri. 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran Pop-Up Book Megabima dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV MIN 1 Kota Kediri. 3) Mengetahui media pembelajaran Pop-Up Book Megabima dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV C MIN 1 Kota Kediri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah penelitian Research and Development (RnD) dengan menggunakan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket validasi ahli media, ahli materi, ahli angket motivasi dan angket pretest dan posttest. Subjek uji coba produk ialah siswa kelas IVC MIN 1 Kota Kediri dengan jumlah 32 orang. Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran Pop-Up Book Megabima pada uji coba kelayakan dari ahli media menunjukkan nilai kriteria presentase dengan rata-rata memperoleh 91% dengan katagori “Sangat Layak”, sedangkan presentase rata-rata ahli materi memperoleh 87,5% dengan katagori “Sangat Layak”. Pada hasil penggunaan media pengembangan ini hasil pretest dan posttest siswa pada uji normalitas dinyatakan berdistribusi data normal. Sedangkan data hasil uji t diperoleh t hitung 11,367 > 2,042 dan nilai Signifikansi 0,000. Hasil hipotesis menunjukkan diterima. Pada hasil kriteria motivasi belajar menunjukkan “Sangat Termotivasi” berjumlah 21 siswa dan kreteria “Termotivasi” berjumlah 11 siswa. Sehingga media pembelajaran Pop-Up Book Megabima dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IVC di MIN 1 Kota Kediri. Kata Kunci: Media Pop-Up Book, IPA, Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar)
Depositing User: Aisyah Sukma Safitri
Date Deposited: 19 Oct 2023 08:14
Last Modified: 19 Oct 2023 08:14
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10518

Actions (login required)

View Item View Item