Vebriyanti, Vepi (2023) PENGEMBANGAN ULTIPA (ULAR TANGGA IPA) SEBAGAI MEDIA EVALUASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SEMESTER II MI HIDAYATUS SHIBYAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR. Undergraduate (S1) thesis, INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI KEDIRI.
Text
932610919_prabab.pdf Download (629kB) |
|
Text
932610919_bab1.pdf Download (245kB) |
|
Text
932610919_bab2.pdf Download (263kB) |
|
Text
932610919_bab3.pdf Download (259kB) |
|
Text
932610919_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
Text
932610919_bab5.pdf Download (115kB) |
|
Text
932610919_daftarpustaka.pdf Download (140kB) |
|
Text
PGMI_Vepi Vebriyanti_932610919.pdf Download (311kB) |
Abstract
HALAMAN ABSTRAK VEPI VEBRIYANTI, Dosen Pembimbing Novi Rosita Rahmawati, M.Pd dan Ratna Wahyu Wulandari, M.Pd. Pengembangan ULTIPA (Ular Tangga IPA) Sebagai Media Evaluasi Belajar Siswa Kelas IV Semester II MI Hidayatus Shibyan untuk Meningkatkan Motivasi Belajar, Skripsi, Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri, 2023 Kata kunci: ULTIPA, Media Evaluasi, Motivasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media evaluasi belajar IPA yang diberi nama ULTIPA. Serta menguji kelayakan media tersebut jika digunakan dalam skala besar dan akan digunakan untuk meningkatkan motivasi siswa belajar IPA pada siswa kelas IV SD/MI. Media ULTIPA merupakan media yang dapat digunakan untuk evaluasi belajar berbasis permainan tradisional ular tangga. Penelitian ini menggunakan pendekatan RnD (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE, yaitu analyze, design, development, implementation, evaluation. Instrument yang digunakan adalah angket validasi ahli, angket respon siswa, dan angket motivasi belajar siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah persentase dan uji n-gain. Hasil pengembangan media ini melalui tahap analisis kurikulum dan kebutuhan peserta didik hasil tersebut ditemukan bahwa perlunya media dalam proses pembelajaran IPA agar motivasi belajar peserta didik meningkat. Dilanjutkan pada tahap desain peneliti mendesain media ULTIPA sesuai dengan kebutuhan peserta didik, setalah tahap desain dilanjutkan tahap implementasi yakin tahap uji coba. Setelah selesai tahap uji coba dilanjutkan tahap evaluasi terkait hasil penelitian tersebut. Hasil dari uji validasi ahli media rata–rata memperoleh skor 97,5%. Sedangkan hasil uji validasi dari ahli materi memperoleh rata–rata skor 83,4%. Dari kedua hasil persentase skor validasi tersebut termasuk kategori layak dan dapat diuji cobakan. Dilihat dari hasil perhitungan n gain penungkatan motivasi peserta didik memperoleh nilai gain 0,8. Jika dilihat dari tabel kateogri jika g>0,7 maka termasuk tinggi. Jadi media ULTIPA efektif jika digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE (Ilmu Bahasa, Komunikasi dan Budaya) > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Vepi Vebriyanti |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 05:08 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 05:08 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10515 |
Actions (login required)
View Item |