Pengembangan LKS Berbasis Stem Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Memfasilitasi Berpikir Kritis Siswa Materi Bangun Ruang Sisi Datar

Nisa, Ifatun (2023) Pengembangan LKS Berbasis Stem Melalui Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Memfasilitasi Berpikir Kritis Siswa Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932301517_Prabab.pdf

Download (948kB)
[img] Text
932301517_bab2.pdf

Download (169kB)
[img] Text
932301517_bab1.pdf

Download (150kB)
[img] Text
932301517_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text
932301517_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
932301517_bab5.pdf

Download (132kB)
[img] Text
932301517_DaftarPustaka.docx.pdf

Download (130kB)
[img] Text
932301517_LPPP.pdf

Download (118kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana pengembangan LKS berbasis STEM melalui pendekatan PjBL untuk memfasilitasi berpikir kritis siswa pada materi bangun ruang sisi datar, 2) Bagaimana kelayakan media pembelajaran LKS berbasis STEM melalui pendekatan PjBL untuk memfasilitasi berpikir kritis siswa pada materi bangun ruang sisi datar, 3) Bagaimana kemampuan siswa terhadap media pembelajaran LKS berbasis STEM melalui pendekatan PjBL untuk memfasilitasi berpikir kritis siswa pada materi bangun ruang sisi datar tersebut.Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan yang dilakukan adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di MTs Hidayatus Sholihin dengan melibatkan 6 siswi kelas VIII D 27 siswa kelas VIII A. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar angket validasi materi, media, bahasa, dan respon siswa. Analisis data dalam penelitian dan pengembangan ini melalui teknik analisis kuantitatif dengan jenis analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian dari ahli materi mendapat skor 42 dengan presentase sebesar 76% yang berarti termasuk dalam kategori valid atau layak digunakan, hasil penelitian dari ahli media mendapatkan skor 80 dengan presentase sebesar 84% yang berarti termasuk dalam kategori valid atau layak digunakan, sedangkan hasil penelitian ahli bahasa mendapatkan skor 30 dengan presentase sebesar 66% yang berarti termasuk dalam kategori valid atau layak digunakan, penilaian respon siswa mendapatkan skor 45 dengan persentase sebesar 81% yang berarti dalam kategori praktis atau layak digunakan, yang terakhir penilaian terhadap kemampuan berpikir kritis siswa mendapatkan skor 2238 dari 2700 dengan presentase sebesar 83% yang berarti dalam kategori praktis atau layak digunakan. Secara keseluruhan hasil pengujian menunjukkan bahwa LKS berbasis STEM dengan pendekatan PjBL untuk memfasilitiasi berpikir kritis siswa pada materi bangun ruang sisi datar layak digunakan sebagai bahan ajar dengan melihat beberapa karakter siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES (Ilmu Matematika) > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy (Kurikulum dan Pedagogi Matematika dan Numerasi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Tadris Matematika
Depositing User: Ifatun Nisa
Date Deposited: 18 Oct 2023 08:37
Last Modified: 18 Oct 2023 08:37
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10505

Actions (login required)

View Item View Item