Muthi’ah, Khansa (2023) Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menghafal Al-Qur’an Pada Program Kelas Khusus Siswa Kelas 5 MI Al-Irsyad Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text
932118219_prabab.pdf Download (546kB) |
|
Text
932118219_bab1.pdf Download (199kB) |
|
Text
932118219_bab2.pdf Download (259kB) |
|
Text
932118219_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) |
|
Text
932118219_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
932118219_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
|
Text
932118219_bab6.pdf Download (82kB) |
|
Text
932118219_bab6.pdf Download (82kB) |
|
Text
932118219_daftarpustaka.pdf Download (138kB) |
|
Text
932118219_lampiranlampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
932118219_surat pernyataan publikasi khansa.pdf Download (460kB) |
Abstract
ABSTRAK Muthi’ah, Khansa. Dosen Pembimbing H. Saifullah, M.Ag. dan Mohammad Asy’ari, M.H.I. Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menghafal Al-Qur’an Pada Program Kelas Khusus Siswa Kelas 5 di MI Al-Irsyad Kota Kediri. Skripsi, Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. 2023. Kata kunci: Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menghafal Al-Qur’an, Program Kelas Khusus Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an pada tingkat SD/MI yang merupakan dasar dalam belajar Al-Qur’an. Melalui program kelas khusus pada MI Al-Irsyad Kota Kediri, terdapat upaya-upaya tertentu yang mendukung dalam peningkatan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an siswa. Karena itu penulis ingin mendalami tentang upaya peningkatan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an pada program kelas khusus siswa kelas 5 di MI Al-Irsyad Kota Kediri. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya peningkatan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an siswa kelas 5 program kelas khusus MI Al Irsyad Kota Kediri, serta mendeskripsikan kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an siswa kelas 5 program kelas khusus MI Al Irsyad Kota Kediri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data dilakukan menggunakan tiga teknik yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data yaitu dengan perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada program kelas khusus siswa kelas 5 MI Al-Irsyad terdapat 1) Upaya peningkatan kemampuan membaca AlQur’an dengan adanya pengajaran materi tajwid saat pembelajaran Al-Qur’an, dan kegiatan mengaji Al-Qur’an. 2) Upaya peningkatan kemampuan menghafal Al-Qur’an dengan adanya kegiatan menghafal dalam pembelajaran Al-Qur’an, dan kegiatan murojaah pada praktek ibadah setiap hari jum’at. 3) Kemampuan membaca dan menghafal Al-Qur’an sebagai berikut; a) Siswa 5D-1 memperoleh predikat A pada penguasaan tajwid dan predikat B+ pada kelancaran membaca Al-Qur’an. Siswa 5D-2 mendapat predikat B+ pada penguasaan tajwid dan mendapat predikat B pada kelancaran membaca Al-Qur’an. b) Siswa 5D-1 mendapat predikat B+ pada kelancaran hafalan Al-Qur’an dan siswa 5D-2 mendapat predikat A pada kelancaran hafalan Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education (Pendidikan dasar) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021408 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Khansa Muthi'ah |
Date Deposited: | 19 Oct 2023 02:33 |
Last Modified: | 19 Oct 2023 02:33 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10504 |
Actions (login required)
View Item |