Penyesuaian Diri Anak Inklusi Setelah Masa Pandemi Covid-19 Di SDN Burengan 2 Kota Kediri

Deria, Aderia Kanza (2023) Penyesuaian Diri Anak Inklusi Setelah Masa Pandemi Covid-19 Di SDN Burengan 2 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933422018_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
933422018_bab1.pdf

Download (139kB)
[img] Text
933422018_bab2.pdf

Download (159kB)
[img] Text
933422018_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text
933422018_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
933422018_bab6.pdf

Download (46kB)
[img] Text
933422018_daftarpustaka.pdf

Download (108kB)
[img] Text
933422018_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)

Abstract

ABSTRAK DESIRA, ADERIA KANZA. 933422018. Pembimbing (1) Dr. Rini Risnawati S, M.Si (2) Saiful Mujab, S.Th.I, MA. Penyesuaian Diri Anak Inklusi Setelah Masa Pandemi Covid-19 Di SDN Burengan 2 Kota Kediri. Skripsi. Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah. Institut Agama Islam Kediri (IAIN) Kediri.2023 Kata Kunci: Penyesuaian Diri, Anak Inklusi, Pandemi Covid-19. Prioritas di dunia pendidikan tidak hanya untuk anak yang mempunyai kemampuan yang tinggi ataupun dari anak-anak yang mampu, namun pendidikan juga bagi mereka yang mempunyai kondisi berbeda atau berkebutuhan khusus hal ini sesuai dengan PERMENDIKNAS tahun 2009 No 70 terkait pendidikan inklusi terhadap peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus atau bakat yang istimewa. Layanan pendidikan untuk anak-anak tersebut harus sesuai dengan kebutuhan dan hak asasinya. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: (1) Bagaimana penyesuaian diri anak inklusi sebelum masa pandemi covid-19 di SDN Burengan 2 Kota Kediri?, (2) Bagaimana penyesuaian diri anak inklusi setelah masa pandemi covid-19 di SDN Burengan 2 Kota Kediri, (3) Bagaimana proses penyesuaian diri dengan lingkungan sekolah setelah masa pandemi di SDN Burengan 2 Kota Kediri, (4) Apa faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri anak inklusi setelah masa pandemi covid-19 di SDN Burengan Kota Kediri?. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu, (1) anak dengan keterbatasan belajar bukan berarti dia juga memiliki keterbatasan dalam interaksi dengan lingkungan sekolah maupun denga lingkugan pertemananya. Mungkin anak ADHD memiliki keterbatasan dengan interaksi dengan lingkungan sekitar karena memiliki sifat yang pendiam. Dan dalam pembelajaran dikelas sejak sebelum pandemi siswa dengan keterbatasan pembelajaran sudah didampingi oleh guru pendamping khusus untuk melakukan pembelajaran di tempat sendiri, yang pada beberapa mata pelajaran menjadi satu dengan teman sekelas. Dan apabila pelajaran tertentu maka akan diberikan pembelajran khusus oleh guru pendamping khusus. (2) Pada aspek penyesuaian diri ketiga informan belum memenuhi keseluruhan indikator penyesuaian diri personal, terdiri dari setiap informan masi belum menyadari secara objektif kondisi yang dialami. Mereka dapat menggambarkan bentuk-bentuk penyesuaian diri yang mereka lakukan selama di sekolah yaitu berupa bentuk penyesuaian diri adaptive dan bentuk penyeasuaian diri adjuctive. Bentuk penyesuaian diri adaptive yaitu menyesuaiakn diri dengan lingkungan sekitar meliputi pengendalian diri, serta membaur dengan lingkungan. Sedangkan bentuk penyesuaian diri adjuctive yaitu penyesuaian terhadap norma seperti mematuhi tata tertib sekolah dan mengikuti kegiatan sekolah. (3) Pada penyesuaian diri terhadap lingkungan sekolah pun juga menunjukkan bahwa beberapa anak inklusi yang memiliki gangguan berbeda-beda ini mengalami penurunan prestasi sekolah yang dilandasi dengan beberapa faktor yakni gangguan mental yang mengakibatkan anak sulit memusatkan perhatian, serta perilaku impulsif dan hiperaktif. (4) Faktor-faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri anak berkebutuhan khusus dimasa pandemic pada sekolah inklusi vii Faktor-faktor penyesuaian diri tersebut meliputi 1). Keadaan lingkungan yang memberikan pengaruh positif juga menerima mereka dengan baik dan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan anak berkebutuhan khusus. 2). Dukungan sosial dari orang tua yang selalu memberi perhatian juga kasih sayang dan teman sebaya yang menerima mereka dengan baik tanpa adanya pengucilan. 3). Guru yang menerima mereka dengan tulus tanpa membedakan dengan siswa lain. 4). Kepribadian yang meliputi kepribadian intravert (pendiam) serta ekstravert (terbuka).

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: ADERIA KANZA DESIRA
Date Deposited: 17 Oct 2023 08:36
Last Modified: 17 Oct 2023 08:36
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10477

Actions (login required)

View Item View Item