Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Untuk Mengembangkan Soft Skill Siswa Di MTs Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kediri

Muniir, Muhammad Mishbahul (2023) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Untuk Mengembangkan Soft Skill Siswa Di MTs Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932130019_prabab.pdf

Download (1MB)
[img] Text
932130019_bab1.pdf

Download (492kB)
[img] Text
932130019_bab2.pdf

Download (432kB)
[img] Text
932130019_bab3.pdf

Download (324kB)
[img] Text
932130019_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text
932130019_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
932130019_bab6.pdf

Download (287kB)
[img] Text
932130019_daftarpustaka.pdf

Download (303kB)
[img] Text
932130019_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Merdeka belajar merupakan pembelajaran yang menekankan pada segi esensial, bukan hanya konten. Guru dan siswa berinovatif, kreatif dalam belajar. diberikan kebebasan. Soft Skill merupakan keterampilan yang ada pada setiap individu, ada intrapersonal dan interpersonal. Akidah akhlak adalah iman yang didasarkan atas perilaku atau sikap. Ada berbagai permasalahan yang muncul, sehingga penelitian ini bertujuan untuk: 1. Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Akidah Akhlak berbasis Kurikulum Merdeka Belajar di Mts Raudlatut Tholabah Ngadiluwih Kediri, 2. Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Akidah Akhlak berbasis Kurikulum Merdeka Belajar di Mts Raudlatut Tholabah Ngadiluwih Kediri, 3.Mendeskripsikan dampak dari pembelajaran Akidah Akhlak berbasis kurikulum merdeka belajar terhadap pengembangkan Soft Skill siswa di Mts Raudlatut Tholabah Ngadiluwih Kediri. Peneliti menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian fenomenologi, yaitu melihat fenomena yang ada dengan menggali penuh sumber pada berbagai individu supaya mengetahui tentang permasalahan yang sedang terjadi dengan berbagai pengalamannya yakni tentang, Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Untuk Mengembangkan Soft Skill Siswa Di MTs Raudlatut Thalabah Ngadiluwih Kediri. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan . Hasil penelitian ini : (1) Perencanaan Kurikulum Merdeka Belajar di MTs Raudlatut Thalabah: diklat kurikulum merdeka, penyusunan tim KOSP, ada mapel proyek, adanya kegiatan Madin dan mempersiapkan bahan ajar. (2) Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di MTs Raudlatut Thalabah, yaitu melaksanakan pembelajaran akidah akhlak berbasis kurikulum merdeka, menentukan strategi, model pembelajaran yang pas, aspek-aspek Siftskill yang dikembangkan pada pembelajaran akidah akhlak. (3) Dmpak Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran akidah akhlak untuk meningkatkan Soft Skill peserta didik, yaitu minimnya pemahaman guru tentang kurikulum merdeka belajar, kurangnya pendekatan yang pas seperti strategi, model pembelajaran, terlalu monoton dalam mengajar, sehingga dalam mengembangkan softskill siswa terdapat hambatan.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Mishbahul Muniir
Date Deposited: 16 Oct 2023 04:56
Last Modified: 16 Oct 2023 04:56
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10451

Actions (login required)

View Item View Item