Problematika Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMPN 2 Papar

Hamidah, Nur (2023) Problematika Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di SMPN 2 Papar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932102719_Pra Bab.pdf

Download (653kB)
[img] Text
932102719_Bab 1.pdf

Download (208kB)
[img] Text
932102719_Bab 2.pdf

Download (218kB)
[img] Text
932102719_Bab 3.pdf

Download (251kB)
[img] Text
932102719_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
932102719_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)
[img] Text
932102719_Bab 6.pdf

Download (90kB)
[img] Text
932102719_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Merdeka belajar berfokus pada kebebasan dan pemikiran kreatif. Merdeka belajar artinya guru dan muridnya memiliki kebebasan untuk berinovasi, kebebasan untuk belajar dengan mandiri dan kreatif. Beberapa problematika yang muncul dan sering terjadi, termasuk dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Tujuan dari penelitian ini adalah : 1. Mendeskripsikan tentang pelaksanaan kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 2 Papar, 2. Mendeskripsikan tentang kendala yang terjadi pada saat pelaksanaan kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 2 Papar, 3. Mendeskripsikan solusi untuk mengatasi kendala yang terjadi dalam pelaksanaan problematika kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 2 Papar. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus, yaitu mengamati dan menganalisis pada satu fenomena saja yakni, tentang Problematika Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 2 Papar. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah redukasi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian adalah : 1. Pelaksanaan kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 2 Papar. Tahap pelaksanaannya berupa : persiapan dari tenaga yang berkompeten, guru berkompeten, adanya fasilitas yang memadai, dsb. , 2. Kendala yang terjadi pada saat pelaksanaan kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 2 Papar, yakni : guru yang belum memahami tentang KOS dan KOM, guru belum terbiasa menggunakan pelajaran berbasis project, guru belum terbiasa dengan pembelajaran berdiferensiasi, kurangnya guru dalam mengembangkan modul ajar, kurangnya guru dalam pemahaman asasmen formatif dan asasmen sumatif, pengaturan kalender dengan memasukkan P5, sarana dan prasarana yang masih terdapat kekurangan, jam pelajaran yang kurang, untuk siswa yang beragam sulit dikondisikan., 3. Solusi untuk mengatasi kendala yang terjadi dalam pelaksanaan problematika kurikulum merdeka belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMPN 2 Papar, yakni : pelatihan guru yang berhubungan dengan pembelajaran berdiferensiasi, dilakukan nya pelatihan (workshop) kepada guru, perlengkapan sarana dan prasarana dengan menyediakan jaringan akses internet, menggunakan metode yang simpel dan mudah dipahami siswa, membagi kelompok untuk mengkondisikan siswa yang beragam agar dapat memahami pembelajaran dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development (Teori dan Pengembangan Kurikulum dan Pedagogi)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Hamidah
Date Deposited: 16 Oct 2023 04:57
Last Modified: 16 Oct 2023 04:57
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10438

Actions (login required)

View Item View Item