Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Minyak Goreng Bimoli (Studi Pada Alfamart Supersemar Kota Kediri).

ILMIAH, MIFTHAKHUL (2019) Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Minyak Goreng Bimoli (Studi Pada Alfamart Supersemar Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
COVER- Daftar Isi.pdf

Download (667kB)
[img] Text
BAB I (SKRIPSI).pdf

Download (793kB)
[img] Text
BAB II (SKRIPSI).pdf

Download (663kB)
[img] Text
BAB III (SKRIPSI).pdf

Download (775kB)
[img] Text
BAB IV (SKRIPSI).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V (SKRIPSI).pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[img] Text
BAB VI + Daftar Pustaka (SKRIPSI).pdf

Download (529kB)

Abstract

Perusahaan yang mampu memahami perilaku pembelian konsumen, mereka yang akan memenangkan persaingan. Perusahaan yang memahami keinginan dan kebutuhan konsumen akan lebih mengerti bagaimana melakukan strategi-strategi yang efektif agar melakukan pembelian dan selanjutnya melakukan pembelian ulang. Salah satu perusahaan yang memberikan kualitas produk penjualan dengan baik yaitu Alfamart Supersemar Kota Kediri. Alfamart Supersemar Kota Kediri menjual berbagai macam produk untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, produk yang paling banyak dibeli oleh konsumen yaitu minyak goreng Bimoli. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kualitas produk, kepuasan konsumen, dan pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pengguna minyak goreng Bimoli pada Alfamart Supersemar Kota Kediri. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini 76. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan pendapat Suharsimi Arikunto yaitu jika subjek dari populasi kurang dari 100, maka dapat diambil semua. Analisis dilakukan dengan cara uji validitas dan reabilitas, instrumen penelitian menggunakan angket, analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, autokorelasi, korelasi, regresi sederhana, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini variabel kualitas produk dalam kategori cukup memiliki nilai mean sebesar 29,1316. Dan variabel kepuasan konsumen dalam kategori cukup memiliki nilai mean sebesar 35,5395. Hubungan antara kualitas produk dan kepuasan konsumen sebesar 0,555 yang menyatakan hubungan tersebut sedang dan memiliki sig 0,000 < 0,05 yang berarti menolak H0 dan menerima Ha. Sedangkan hasil regresi menghasilkan Y= 20,076 + 0,531X + e, nilai konstanta dalam uji regresi sebesar 20,076 sedangkan koefisien regresi kualitas produk 0,531. Sehingga dapat disimpulkan jika kualitas produk meningkat maka kepuasan konsumen pengguna minyak goreng Bimoli pada Alfamart Supersemar Kota Kediri juga akan meningkat. Berdasarkan koefisien determinasi diperoleh R2 sebesar 0,608 atau 60,8%. Hal ini berarti kualitas produk sebesar 60,8% berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pengguna minyak goreng Bimoli pada Alfamart Supersemar Kota Kediri. Sedangkan sisanya 39,2% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES (inc : Akuntansi, Perbankan, Manajemen, Pemasaran, Pariwisata, dll) > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Muh Hamim
Date Deposited: 13 Oct 2023 07:55
Last Modified: 13 Oct 2023 07:55
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10428

Actions (login required)

View Item View Item