Chakim, Achmad Luthfi (2023) Strategi Guru Agama Islam Dalam Menanamkan Karakter Toleransi Siswa Kelas IX Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Tsanawiyah Al-Amien Ngasinan Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.
Text (Prabab)
932135819_prabab.pdf Download (950kB) |
|
Text (BAB I)
932135819_bab1.pdf Download (248kB) |
|
Text (BAB II)
932135819_bab2.pdf Download (329kB) |
|
Text (BAB III)
932135819_bab3.pdf Download (163kB) |
|
Text (Bab IV)
932135819_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
|
Text (BAB V)
932135819_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
|
Text (BAB VI)
932135819_bab6.pdf Download (90kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
932135819_daftarpustaka.pdf Download (175kB) |
|
Text (Lampiran)
932135819_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
932135819_Lembar Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf Download (108kB) |
Abstract
Di era kemajuan pendidikan dan teknologi telah mengubah tatanan norma dan budaya di masyarakat menjadi krisis toleransi yang berdampak pada kesatuan dan persatuan negeri. Oleh karena itu, generasi bangsa harus mempunyai pengendalian diri melalui karakter toleransi. Madrasah al-amien merupakan madrasah di bawah Yayasan pondok pesantren yang memiliki peserta didik dari berbagai kultur dan budaya yang berbeda, namun dengan perbedaan itu, muncul sikap-sikap toleransi diantara para siswa yang saling menghargai, menghormati, menerima berbagai perbedaan, tidak memaksakan kehendak dan keyakinan. Fokus penelitian ini adalah (1) Melalui materi apa penanaman karakter toleransi siswa kelas IX pada pembelajaran akidah akhlak di Mts Al-Amien Kediri? (2) Bagaimana metode dalam penanaman karakter toleransi siswa kelas IX pada Pembelajaran Akidah Akhlak? (3) Bagaimana hasil penanaman karakter toleransi siswa kelas IX pada Pembelajaran Akidah Akhlak? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian fenomenologi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tahapan dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi kemudian data diperiksa menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa materi dalam akidah akhlak yang digunakan dalam penanaman karakter toleransi siswa mencangkup kebebasan dalam berkeyakinan, menerima berbagai perbedaan dalam aspek Tauhid, Akhlak serta kisah keteladanan, dalam materi Qada’ dan Qadar, Adab kepada Teman, Saudara, Tetangga, strategi guru agama islam dalam menanamkan karakter toleransi siswa kelas IX pada pembelajaran akidah akhlak menggunakan metode direct instruction, learning start with a question dan keteladanan. Adapun hasil dari penanaman karakter toleransi adalah siswa mampu dalam memahami dan menghargai berbagai bentuk persoalan toleransi dalam berakidah dan beribadah sepertihalnya perbedaan pemahaman qunut, perbedaan jumlah rakat shalat tarawih, perbedaan hari raya idul fitri, dll.
Item Type: | Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education (Pendidikan menengah) 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ACHMAD LUTHFI CHAKIM |
Date Deposited: | 13 Oct 2023 06:47 |
Last Modified: | 13 Oct 2023 06:47 |
URI: | https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10420 |
Actions (login required)
View Item |