Perilaku Prososial Kader Keluarga Berencana Dalam Upaya Menurunkan Angka Stunting Di Desa Gadungan Kecamatan Puncu

Fauziah, Wanda Aulia (2023) Perilaku Prososial Kader Keluarga Berencana Dalam Upaya Menurunkan Angka Stunting Di Desa Gadungan Kecamatan Puncu. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
933414819_pra bab.pdf

Download (676kB)
[img] Text
933414819_bab 1.pdf

Download (431kB)
[img] Text
933414819_bab 2.pdf

Download (337kB)
[img] Text
933414819_bab 3.pdf

Download (302kB)
[img] Text
933414819_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[img] Text
933414819_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text
933414819_bab 6.pdf

Download (13kB)
[img] Text
933414819_daftar pustaka.pdf

Download (2MB)
[img] Text
933414819_surat pernyataan publikasi.pdf

Download (295kB)

Abstract

ABSTRAK FAUZIAH WANDA AULIA Pembimbing (1) Prof. Dr. Sardjuningsih, M.Ag, dan (2) Tatik Imadatus Sa’adati, M.Psi., Psikolog. Perilaku Prososial Kader Keluarga Berencana Dalam Upaya Menurunkan Angka Stunting Di Desa Gadungan Kecamatan Puncu. Skripsi, Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah, IAIN Kediri, 2023. Kata kunci : Perilaku Prososial, Kader Keluarga Berencana, Stunting Stunting merupakan gagal tumbuh kembang anak, yang dimana memiliki banyak faktor dan juga aspek. Dalam hal ini, kader keluarga berencana juga terlibat, dikarenakan kader sebagai jembatan kepada masyarakat desa sekitar. Salah satu perilaku yang kerap diberikan adalah perilaku menolong atau perilaku prososial. Perilaku prososial mempunyai peranan penting, terutama pada Kader Keluarga Berencana dalam upaya menurunkan angka stunting yang ada di Desa Gadungan Kecamatan Puncu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitataif deskriptif. Informan penelitian ini berjumlah 5 (lima) orang dengan kriteria minimal 10 tahun pengabdian. Penelitian ini, berlokasi di Desa Gadungan Kecamatan Puncu. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara (terstruktur) dan observasi. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan Teknik triangulasi sumber, sedangkan teknik Analisa data dilakukan dengan reduksi data, menyajikan data serta pengambilan kesimpulan. Dimana kader yang dimana selalu memiliki inisiatif serta keinginan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, baik yang terkena stunting ataupun masyarakat awam. Dari runtutan tersebut, adanya perilaku prososial yang dimiliki oleh setiap kader menjadi ada. Salah satunya empati, dimana empati seorang kader diasah supaya menjadi lebih peduli dengan diri sendiri, keluarga, masyarakat serta lingkungan yang ada disekitarnya. Dari empati tersebut maka akan muncul suatu perasaan untuk memberikan pertolongan dan juga bantuan kepada masyarakat. Beberapa faktor yang menjadikan kader keluarga berencana memberikan pertolongan adalah, adanya : suasana hati (mood), sifat, jenis kelamin dan juga tempat tinggal. Misalnya, ketika ada masyarakat yang sudah diberikan edukasi maupun adanya masyarakat yang merasa paling benar namun ternyata salah dalam tindakannya tersebut. Selain itu, adanya masyarakat yang enggan untuk diberikan edukasi oleh kader dan menganggap bahwa kader tidak seperti bidan maupun tenanga kesehatan lainnya. Meskipun banyak tantangan serta rintangan dalam mengabdi, namun seorang kader tetap akan melalukan dengan sepenuh hati serta juga melaksanakn dengan ikhas. Dan yang utama, kader akan tetap memberikan pertolongan kepada semua masyarakat, terutama kepada masyarakat yang membutuhkan. Dalam hal ini juga, kader juga tetap akan memberikan pertolongan kepada masyarakat, pun sekalinya masyarakat tersebut sering mengabaikan apa yang disampaikan oleh kader.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES (Ilmu Psikologi dan Kognitif) > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Jurusan Psikologi Islam
Depositing User: Wanda Aulia Fauzia
Date Deposited: 09 Oct 2023 08:06
Last Modified: 09 Oct 2023 08:06
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10353

Actions (login required)

View Item View Item