Tingkat Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Di Lingkungan Institusi Dan Universitas PTKIN Jawa Timur

Wulandari, Dewi (2023) Tingkat Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Di Lingkungan Institusi Dan Universitas PTKIN Jawa Timur. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Kediri.

[img] Text
932138319_prabab.pdf

Download (781kB)
[img] Text
932138319_bab1.pdf

Download (550kB)
[img] Text
932138319_bab2.pdf

Download (524kB)
[img] Text
932138319_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB)
[img] Text
932138319_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (929kB)
[img] Text
932138319_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB)
[img] Text
932138319_bab6.pdf

Download (201kB)
[img] Text
932138319_daftarpustaka.pdf

Download (444kB)
[img] Text
932138319_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
932138319_lembarpernyataanpersetujuanpublikasi.pdf

Download (197kB)

Abstract

DEWI WULANDARI. 2023. Tingkat Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Di Lingkungan Institusi Dan Universitas PTKIN Jawa Timur. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, IAIN Kediri. Ummiy Fauziya Laily dan Novi Rosita Rahmawati Kata Kunci : Regulasi Emosi, Efikasi Diri, Prokrastinasi Akademik, Mahasiswa PAI, IAIN Kediri, UIN Malang, Skripsi, PTKIN, Jawa Timur Prokrastinasi akademik menjadi salah satu problem yang sering dihadapi oleh mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi. Penelitian ini dilakukan dengan bertujuan 1) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh regulasi emosi terhadap tingkat prokrastinasi akademik mahasiswa di lingkungan Institusi dan Universitas PTKIN Jawa Timur dalam menyelesaikan skripsi, 2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh efikasi diri terhadap tingkat prokrastinasi akademik mahasiswa di lingkungan Institusi dan Universitas PTKIN Jawa Timur dalam menyelesaikan skripsi, 3) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh regulasi emosi dan efikasi diri terhadap tingkat prokrastinasi akademik mahasiswa di lingkungan Institusi dan Universitas PTKIN Jawa Timur dalam menyelesaikan skripsi. Partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa PAI yang sedang menyelesaikan skripsi melibatkan 135 mahasiswa PAI IAIN Kediri dan 114 mahasiswa PAI UIN Malang menggunakan regresi dummy. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala regulasi emosi, skala efikasi diri, dan skala prokrastinasi akademik. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan regresi dummy untuk membedakan pengaruh variabel independen pada tingkat prokrastinasi akademik antara kedua institusi tersebut. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh yang signifikan sebesar 0,008 dari regulasi emosi terhadap tingkat prokrastinasi akademik mahasiswa 2) efikasi diri juga memiliki pengaruh positif yang signifikan sebesar 0,002 terhadap tingkat prokrastinasi akademik mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi, 3) terbukti regulasi emosi dan efikasi diri secara aktif berpengaruh pada nilai R Square sebesar 22,4% terhadap tingkat prokrastinasi akademik mahasiswa di lingkungan Institusi dan Universitas PTKIN Jawa Timur dalam menyelesaikan skripsi, yang menunjukkan bahwa mahasiswa yang memiliki kemampuan lebih baik dalam mengelola, dan merespon emosi secara tidak langsung mahasiswa akan lebih meningkatkan keyakinan diri yang tinggi dalam kemampuan yang dimiliki maka akan mampu terhindar dari kecenderungan prokrastinasi akademik. Namun, pada regresi dummy memiliki nilai signifikansi sebesar 0,482 artinya diantara kedua institusi ini tidak memiliki perbedaan tingkat prokrastinasi yang signifikan. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademik pada mahasiswa dalam konteks penulisan skripsi. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya mengembang program yang mendemokan regulasi emosi dan peningkatan efikasi diri yang sehat pada mahasiswa PAI baik di kampus IAIN Kediri maupun UIN Malang, guna mengurangi kecenderungan dalam menunda-nunda secara berkala pada produktivitas akademik mereka dalam menyelesaikan skripsi.

Item Type: Thesis (Skripsi, Tesis, Disertasi) (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION (Pendidikan) > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation (Penilaian dan Evaluasi Pendidikan)
13 EDUCATION (Pendidikan) > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dewi Wulandari
Date Deposited: 06 Oct 2023 07:35
Last Modified: 06 Oct 2023 07:35
URI: https://etheses.iainkediri.ac.id:80/id/eprint/10305

Actions (login required)

View Item View Item